Pasien dengan HIV apa pilihan kontraseptik yang diperbolehkan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin berdiskusi.Untuk penderita HIV/AIDS adakah ketentuan pemakaian jenis KB yang boleh dan tidak boleh? Pilihan jenis KB apa saja yang...

Diskusi Dokter

20 November 2021, 11:49
Alo dr. Nurul. Izin ikut berdiskusi ya dok.
Jenis KB yg bisa digunakan utk penderita HIV/AIDS kurang lebih sama dg wanita sehat, yaitu KB hormonal dan non hormonal, seperti KB suntik, IUD, implan, KB oral, selama tidak ada kontraindikasi (penyakit liver, keganasan, dll). Namun yg  utama adalah penggunaan kondom, utk mencegah penularan HIV. WHO menganjurkan  penderita HIV utk menggunakan "dual protection", yaitu menggunakan kondom + metode kontrasepsi lain.
Berikut sumber bacaan lanjutan ttg pemilihan kontrasepsi utk penderita HIV ya dok
https://sti.bmj.com/content/80/3/167
https://www.who.int/reproductivehealth/publications/family_planning/FAQ_HIV_hormonal_contraception.pdfSemoga bermanfaat, mohon masukan atau koreksi dokter yang lain.. terima kasih.
20 November 2021, 12:08
Baik dokter Hiztien, terimakasih  banyak ya dok atas asupannya 😊
20 November 2021, 16:52
Sama2 dokter..
22 November 2021, 07:35
Alo Dokter,
Utk HIV baik pada asimotomatis (stage 1) sampai AIDS (stage 4) boleh menggunakan:
- KB hormonal baik menggunakan oral atau injeksinprogesteron atau kombinasi estrogen-progesteron oral atau injeksi maupun implan
- IUD baik yang hormonal dan non hormonalSekasar sharing, dok Nurul bisa juga menggunakan aplikasi KLOP KB atau Contraception WHO yang bisa didownload via playstore dok.