Perujukan ke psikiater dan psikolog - Jiwa Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Prianto Djatmiko, Sp.KJSaya ingin bertanya, Dok. Selama ini masih banyak pasien yang bingung kapan/kondisi seperti apa yang harus berkonsultasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perujukan ke psikiater dan psikolog - Jiwa Ask the Expert

    15 Juli 2021, 16:10
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Prianto Djatmiko, Sp.KJ

    Saya ingin bertanya, Dok. Selama ini masih banyak pasien yang bingung kapan/kondisi seperti apa yang harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa dan kondisi seperti apa yang perlu berkonsultasi dengan psikolog. Mohon informasinya ya Dok, kira-kira kasus seperti apa saja yang membutuhkan konsultasi dengan Sp.KJ dan kasus seperti apa yang membutuhkan psikolog. Terima kasih Dok.

15 Juli 2021, 16:20
dr. Prianto Djatmiko, SpKJ
dr. Prianto Djatmiko, SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Terima kasih atas pertanyaannya

Secar keilmuan baik Psikiater maupun Psikolog mempelajari topik/materi/kajian yang sama terkait kesehatan mental perbedaan pada latarbelakang bidang keilmuannya kalo Dr SpKJ (Psikiater) berbasis ilmu kedokteran sehingga pendekatan klinis medis lebih dominan sebaliknya Psikologi yang berbasis ilmu sosial, pendidikan dan humaniora lebih dominan pada ruang lingkup tersebut sekalipun saat ini ada peminatan Psikologi Klinis di bidang kesehatan.

Pembedaan utama untuk konsult sampai saat ini adalah saat pada kondisi klinis dibutuhkan terapi nedikamentosa psikofarmaka maka dikonsulkan ke Dokter SpKJ.

Demikian