Permintaan Foto dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter,Seperti TS freelance advisor ketahui, bahwa aplikasi telemedis belum memungkinkan untuk dilakukannya pemeriksaan fisik saat ini, sehingga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Permintaan Foto dalam Chat Bersama Dokter

    07 Mei 2021, 16:04

    Alo Dokter,

    Seperti TS freelance advisor ketahui, bahwa aplikasi telemedis belum memungkinkan untuk dilakukannya pemeriksaan fisik saat ini, sehingga anamnesis yang sistematis menjadi komponen utama dalam menentukan edukasi selanjutnya.

    Pada keluhan-keluhan yang terkait dengan organ luar dan secara kasat mata bisa diperlihatkan, maka dokter diperkenankan untuk meminta user mengirimkan foto. Tentu hal ini berguna untuk memberikan kemungkinan diagnosis yang relevan serta penentuan home management yang utama. Tetapi, permintaan untuk mengirimkan gambar hendaknya dilakukan dengan kalimat yang sopan dan mengedepankan sisi profesionalisme, terutama jika keluhan terdapat pada kelamin. Apabila user menolak, maka sebagaimana hak pasien, TS tidak dapat memaksakan. Namun, sebagai gantinya, kemungkinan diagnosis yang diberikan pun bisa menjadi lebih banyak disertai home management yang lebih general.

     

    Oleh karena itu, pemanfaatan fitur yang ada bisa dimaksimalkan kembali ya dok, karena dapat menunjang komponen pemeriksaan fisik yang hilang. Apabila dokter memiliki pandangan atau pengalaman dalam hal terkait, mari kita diskusikan dalam thread ini ya dok.

10 Mei 2021, 09:42

Alo dr. Rey, terima kasih atas sharing-nya mengenai hal ini. Setuju dokter, terutama pada kasus-kasus keluhan seputar lesi di kulit dan kelamin, benjolan, keluhan pada mata, yang diperlukan pengamatan lesinya tentu penting untuk memintakan foto. 

Dari yang saya temukan, kadang kala pasien menolak ketika dimintakan foto, dan hal tsb memang kembali pada hak pasien, untuk itu dari sisi dokter tetap perlu memintakan dengan sopan dan menambahkan dari sisi anamnesisnya yang perlu lebih digali agar mendapat deskripsi yang lebih jelas untuk penjelasan kemungkinan penyebabnya.