Pemberian antihistamine pada pasien anak usia 9 tahun dengan batuk kering - Diskusi Dokter

general_alomedika

AloDok!Ijin bertanya, saya mendapat pasien anak berusia 9 tahun, dengan keluhan batuk kering akibat alergi. Menurut informasi dari orang tua pasien, pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian antihistamine pada pasien anak usia 9 tahun dengan batuk kering

    23 Juni 2021, 11:49

    AloDok!

    Ijin bertanya, saya mendapat pasien anak berusia 9 tahun, dengan keluhan batuk kering akibat alergi. Menurut informasi dari orang tua pasien, pasien sudah diberikan antihistamin berupa chlorpheniramine meleate saat di rumah, yang saya tau akan memberikan efek samping pada pasien. Namun karena sudah terlanjur diberikan dan memang sering digunakan oleh orang tua pasien, apakah saya perlu memberikan antihistamin lain?

    Terimakasih banyak.

23 Juni 2021, 12:02

Alo, selamat siang dr. Sienny! 

Saat menemukan kasus alergi, pemberian antihistamin memang merupakan pilihan, sembari menjauhkan paparan alergen nya. Namun, terlebih pada anak-anak, pemberian antihistamin generasi kedua, seperti ceterizin atau loratadin bisa menjadi pilihan dibandingkan dengan generasi pertama, seperti CTM.  

Hal ini karena, efektivitas antihistamin generasi kedua diketahui lebih baik dibanding CTM sebagai generasi pertama, efek samping CTM yang lebih berat, dan potensi efek toksisitas CTM yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan antihistamin generasi kedua.

Berikut akan dilampirkan juga link artikel Alomedika yang membahas seputar peresepan pada anak ya Dokter.

https://www.alomedika.com/panduan-e-prescription-batuk-kering-pada-anak

CMIIW