Perdarahan saluran cerna bagian atas - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, untuk PSCBA variceal dan non variceal apa perbedaannya? Lalu tatalaksana dan edukasi apa yang harus diberikan pada pasien? Wajibkan penggunaan...

Diskusi Dokter

28 April 2022, 11:06

ALO Dok, perdarahan saluran cerna bagian atas (PSCBA) dapat dibagi 2 menjadi variceal dan non-variceal. PSCBA yang disebabkan oleh pecahnya varises esofagus atau lambung termasuk dalam PSCBA variceal. Penyebab PSCBA non-variceal sendiri paling sering adalah ulkus peptikum. 

Untuk perbedaan antara keduanya selain dari etiologi, dapat dilihat dari anamnesis ya Dok. Pada anamnesis, pasien dengan PSCBA variceal dapat mempunyai riwayat/faktor risiko sirosis hepatis, atau punya riwayat rekurensi pecah varises sebelumnya. Sementara pada PSCBA non-variceal, didapatkan riwayat yang berkaitan dengan gejala ulkus peptikum serta risikonya seperti penggunaan OAINS, infeksi H.pylori.

Membedakan varises atau non-varises dapat dilakukan melalui endoskopi. Terapi khusus dapat dilakukan berdasarkan konfirmasi etiologisnya. Penggunaan NGT diberikan pada pasien dengan PSCBA untuk monitor apakah perdarahan masih berlanjut, lalu endoskopi sendiri biasanya digunakan untuk mengevaluasi etiologi dan tingkat keparahan penyebab etiologi. 

Untuk bacaan lebih lanjut: 

https://www.alomedika.com/penyakit/gastroentero-hepatologi/varises-esofagus

https://www.alomedika.com/penyakit/gastroentero-hepatologi/ulkus-peptikum

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470300/

Semoga membantu, CMIIW