Perdarahan gusi akibat warfarin apa tatalaksana yang perlu dilakukan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya mendapatkan pasien yang mengeluhkan perdarahan gusi setelah mengonsumsi warfarin. Warfarin sudah dikonsumsi sekitar 6 bulanan karena pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perdarahan gusi akibat warfarin apa tatalaksana yang perlu dilakukan

    27 Juli 2021, 16:34
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter.

    Saya mendapatkan pasien yang mengeluhkan perdarahan gusi setelah mengonsumsi warfarin. Warfarin sudah dikonsumsi sekitar 6 bulanan karena pasien post operasi penggantian katup di jakarta.

    Pasien sempat kontrol ke ugd diberikan asam tranexamat dan di sarankan stop warfarin 2 minggu.

    Sebagai dokter layanan primer, tindakan apa yang bisa kita lakukan utk pasien ini?

27 Juli 2021, 16:54

Alodokter

Salah satu efek samping warfarin antara lain adalah perdarahan jaringan atau organ. Tanda gejala dan keparahan tergantung lokasi perdarahan dan penyebarannya: paralisis, paraestesi, sakit kepala, nyeri dada, nyeri perut, nyeri sendi, hipotensi, syok. 

Pengawasan klinis pada pemberian warfarin yang harus dilakukan adalah pemantauan perdarahan. Pemantauan kemungkinan perdarahan dapat dilakukan lewat pemeriksaan INR secara berkala, dengan target INR yang disesuaikan dengan masing-masing individu. Sehingga mungkininfo selanjutnya dokter dapat menyarankan user untuk kontrol kembali ke dokter yang memberikan terapi warfarin kepada user. 

https://www.alomedika.com/obat/obat-yang-mempengaruhi-darah/obat-yang-mempengaruhi-koagulasi/warfarin/pengawasan-klinis

28 Juli 2021, 16:26
alo dokter
untuk perdarahan akibat penggunaan warfarin dapat kita lakukan dengan menghentikan warfarain dan memberikan vitamin k
28 Juli 2021, 16:37
ALO dokter, untuk penderita dibawah pengaruh warfarin sebaiknya dilakukan rujukan ke dokter spesialis yang berwenang untuk penghentian warfarinnya, selain itu sebaiknya bekerja sama dengan dokter gigi untuk evaluasi oral hygiene nya. Biasanya, perdarahan pada gusi, kondisinya akan bertambah parah jika ada faktor predisposisi yang bisa memperparah terjadinya gum bleeding seperti dental plaque dan calculus deposit
28 Juli 2021, 16:53
dr.Wahyudi
dr.Wahyudi
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter. Perdarahan merupakan komplikasi penggunaan warfarin. Indikasi warfarin pada pasien ini sudah tepat, yaitu pada pasien dengan katup prosetik. Bila perdarahan gusi tidak masif, cukup hentikan  stop dosis berikutnya. Kalau perdarahan merembes terus menerus, tekan lokasi perdarahan, berikan vitamin K. Kalau perdarahan hingga membuat anemia, segera rujuk untuk rawat inap. Yang paling penting adalah edukasi terhadap obat-obatan atau makanan yang mempengaruhi kerja warfarin. Target INR rata-rata 2,0 - 2,5. Pemeriksaan ini dianjurkan tiap kontrol ke RS. Kalau sudah dikembalikan ke FKTP, kemungkinan INR pasien sudah stabil. Penggunaan anti fibrinolitik (asam tranexamat) harus hati-hati, karena risiko trombosis pada pasien ini. Semoga bermanfaat.
28 Juli 2021, 16:59
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Alo dokter, berarti pada kasus seperti ini. Warfarin stop, berikan vit k.
Konsul ulang ke spesialis penyakit dalam ya dok.
28 Juli 2021, 17:01
dr.Wahyudi
dr.Wahyudi
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Bisa ke dr. Penyakit Dalam atau dr. Jantung yang memberikan Warfarin ini. Kalau pasien terkendala utk segera ke RS, pilihan kita untuk mengurangi dosis warfarinnya. 
28 Juli 2021, 17:03
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik, terima kasih dok.  Pasien terkendala karena tinggal di daerah dok, untuk konsul ke spesialis penyakit dalam pun baru bisa 1 minggu kemudian
28 Juli 2021, 17:06
dr.Wahyudi
dr.Wahyudi
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Untuk penyesuaian dosisnya, hitung total dosis selama 7 hari. Misalnya saat ini 1x2 mg (2-2-2-2-2–2-2). Alternatif dosis selanjutnya : 2-2-1-2-2-1-2 atau 2-1-2-1-2-1-2.
28 Juli 2021, 17:37
drg.Veny Sp. Ortodonti
drg.Veny Sp. Ortodonti
Dokter Gigi Spesialis
Kalau sepengalaman sy perdarahan gusi bukan akibat luka.secara Lokal dengan ditekan kapas dan albotil. Namun saat ini albotil cukup sulit diperoleh