Perbedaan produk kontrasepsi suntik 1 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Untuk kontrasepsi suntik 1 bulan terdapat dua produk dgn progesteron/estrogen 25mg/5mg dengan yang berisi 50mg/10mgApa perbedaan pengaruh kedua produk ini...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perbedaan produk kontrasepsi suntik 1 bulan

    18 Januari 2019, 17:30

    Untuk kontrasepsi suntik 1 bulan terdapat dua produk dgn progesteron/estrogen 25mg/5mg dengan yang berisi 50mg/10mg

    Apa perbedaan pengaruh kedua produk ini pada siklus menstruasi ? Pada kondisi mens yg tidak teratur setelah penggunaan kb suntik selama beberapa bulan, produk mana yg sebaiknya dipilih ?

19 Januari 2019, 17:50
Alo dokter!
Terus terang saya juga jurang begitu paham bedanya dari segi farmakologi.
Kalo di yankes saya yang sering dipakai yang dosis 50mg/10mg per bulan.
Kalo dari protokolnya ada sedikit berbeda sih dok.. setau saya yang 50mg/10 mg itu pemberian pertama harus dalam 5 hari pertama menstruasi, kemudian diberikan setiap siklus 28 /- 3 hari.
Untuk yang 25 mg/5mg saya krg paham karna belum pernah pakai, tapi setau saya boleh diberi kapan saja, kemudian diulang setiap 30 hari.
Cmiiw.dok.. semoga nanti ada SpOG yang bisa menjawab atau meluruskan.
20 Januari 2019, 14:13
dr.Utomo Budidarmo, SpOG, M.Kes
dr.Utomo Budidarmo, SpOG, M.Kes
Dokter Spesialis Kandungan
Perbedaannya pada kb suntik 1 bulan efek samping untuk terjadinya amenorrhea akibat kontrasepsi lebih minim, karena pengaruh mpa terhadap endometrium lebih sedikit. seperti diketahui bahwa selain menimbulkan perubahan sekretorik pada endometrium, Progesteron juga dapat memberikan feed back ke kelenjar hipofisis sehingga hipofisis dapat menurunkan stimulasinya ke indung telur sehingga folikel2 sel telur tidak berkembang. estrogen dihasilkan dari perkembangan folikel sel telur ini sehingga terjadi aromatisasi androgen dirubah menjadi estrogen. dengan tidak adanya estrogen, maka endometrium menjadi tidak berkembang dan tipis, suatu efek yg lebih nyata pada suntik kb 3 bulan. Sehingga terjadi amenorrhea.

Karena itu dalam memberikan edukasi kepada pasien utk pemakaan kb suntik yg mengandung mpa, utk yg tiap 3 bulan siklus haid dapat lambat terjadi akibatnya kesuburan juga dapat lambat terjadi, kadang hingga 6-24 bulan.

Jadi bila tujuannya adalah keraturan haid, lebih tepat adalah pil kb, karena mengandung komponen estradiol utk menumbuhkan endometrium, dan komponen progesteron sintetik utk menimbulkan perubahan sekretorik dan jeda 7 hari utk menstimulasikan perdarahan lucut atau withdrawal bleeeding selayaknya siklus haid normal. Selain itu kadar estrogen dan progesteron yg relatif konstan dihasilkan dengan penggunaan pil kb akan menghambat terjadinya lonjakan hormon LH srhingga ovulasi tidak terjadi.

semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿพ
20 Januari 2019, 15:02
Sangat bermanfaat Dok,  lalu untuk sediaan dosis KB 1 bulan yang berbeda itu bagaimana Dok?