Perawatan Luka pasca Insisi Abses Submandibula - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, bagaimana perawatan luka yang terbaru, terbaik dan benar pasca Insisi Abses Submandibula. Apakah menggunakan drain selang atau drain roll kassa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perawatan Luka pasca Insisi Abses Submandibula

    06 Juli 2021, 15:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Spesialis THT

    Alodokter, bagaimana perawatan luka yang terbaru, terbaik dan benar pasca Insisi Abses Submandibula. Apakah menggunakan drain selang atau drain roll kassa atau drain handacoen atau tidak ketiganya? Jika menggunakan drain, kapan waktu terbaik dilepas? Dan utk ganti balut, apakah perawatan luka menggunakan NaCl atau Perhidrol atau Povidon Iodine yang baik dan benar?

    Terima ksih dok....

06 Juli 2021, 15:17

Terima kasih untuk pertanyaannya. Guidelines untuk perawatan luka eksudatif yang terbaru tidak lagi menganjurkan penggunaan ketiganya. Eksudat bisa dikontrol dengan menggunakan primary dressing yang bisa menyerap eksudat, seperti hydrofiber, alginate, dan ditutup dengan secondary dressing seperti foam. Jika jumlah eksudat terlalu banyak, bisa menggunakan NPWT (negative pressure wound therapy) untuk mengontrol jumlah eksudat dan merangsang pembentukan jaringan granulasi, asalkan tidak ada tunneling antara posisi abses dan saluran bebas seperti mulut. Penanganan infeksi juga penting, menggunakan dressing yang mengandung antiseptik yang bisa bekerja panjang, seperti yang mengandung cadexomer iodine, atau nanocrystalline silver. Pembersihan luka tidak dianjurkan penggunakan Povidone Iodine atau Perhidrol, bisa menggunakan PHMB, Octenidine, atau NaCl 0.9% jika tidak tersedia antiseptik yang sesuai.