Pasien wanita usia 27 tahun dengan kulit hiperpigmentasi dan gatal - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok! Mohon ijin share kasus kulit. Wanita usi 27 tahun dengan keluhan seperti pada foto terlampir. Keluhan pasien : gatal pada bagian hiperpigmentasi,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 27 tahun dengan kulit hiperpigmentasi dan gatal

    12 Februari 2022, 18:43

    Alodok! Mohon ijin share kasus kulit. Wanita usi 27 tahun dengan keluhan seperti pada foto terlampir. Keluhan pasien : gatal pada bagian hiperpigmentasi, tidak nyeri. Pasien juga mengaku tidak ada riwayat pemakaian obat topikal. Kira-kira diagnosis dan tatalaksana nya gmn ya dok? Terimakasih. 

12 Februari 2022, 20:08
Alo Dokter. Izin berdiskusi dok, apakah ada informasi lebih lanjut mengenai keluhannya seperti sejak kapan keluhan tsb muncul? Saat muncul keluhan tersebut apakah semakin bertambah banyak, bagaimana awalnya? Apakah ada keluhan penyerta lainnya? Apakah ada riwayat sering terpapar matahari? Riwayat keluhan serupa di keluarga? 


Karena anamnesis belum terpaparkan dengan lengkap, jika dilihat dari foto, terdapat seperti papul yang tumbuh di permukaan kulit. Beberapa penyakit ke arah hiperpigmentasi tersebut dapat menjadi diagnosis banding seperti lentigo, keratosis seboroik ataupun melanoma. Pada keratosis seboroik adanya plak atau papul berwarna kecoklatan, umumnya ditemukan pada daerah tubuh yang sering terpapar sinar matahari, tidak menimbulkan nyeri tetapi terasa gatal.  


Untuk penanganannya mungkin bisa disarankan untuk memeriksakan secara langsung kondisinya ke dokter Spesialis Kulit dok. Dikarenakan perlunya pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk menegakkan diagnosis dan menentukan terapi yang sesuai. 


Berikut saya lampirkan referensinya: 
http://www.alodokter.com/bentuk-penyakit-hiperpigmentasi-pada-kulit-ada-di-sini
https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/keratosis-seboroik


CMIIW. Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan🙏🏻

13 Februari 2022, 14:22
Sejak 3 minggu dok, tdk ada riw keluarga yg sama. Terpapar matahari langsung jarang krn pakai masker dok.
13 Februari 2022, 02:40
Selamat malam, izin berdiskusi dok, dilihat dari lokasinya pada bagian yang tertutup masker, apakah gatal hanya terjadi pada bagian tersebut saja dok?
Hiperpigmentasi dapat menunjukan bahwa gatal pada lokasi tersebut terjadi sudah cukup lama? Sudahkah ditanyakan sejak kapan gatal tersebut muncul? Apakah gatal mulai muncul sejak pemakaian masker?
Diagnosis banding yang dapat saya ajukan adalah dermatitis kontak iritan, disebabkan karena iritasi masker.

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/dermatitis-kontak-iritan
13 Februari 2022, 14:24
Keluhan sejak 3 minggu yll dok, awalnya seperti jerawat biasa. 
13 Februari 2022, 09:10
Saya rasa perlu konsul ke ahli penyakit dalam utk pemeriksaan lebih lanjut apakah ada kelainan endokrin?
13 Februari 2022, 14:24
Siap dok terimakasih
13 Februari 2022, 10:10
dr.Tritya Mudita, Sp.DV
dr.Tritya Mudita, Sp.DV
Dokter Spesialis Kulit
Selamat pagi..kasus yang menarik . Ijin ikut berdiskusi dok
Apakah bisa digali sejak kapan papul hiperpigmentasinya muncul? Kalau dimulai sejak kecil..bisa merupakan angiofibroma yang merupakan kriteria mayor dari tuberous sclerosus complex(TSC)..Coba dianamnesis dan diperiksa ulang apakah ada gejala2 lain dari TSC ..BTK 🙏🏾
13 Februari 2022, 14:17
Baru muncul kira2 3 minggu lalu dok. Sempat memakai aloe vera oles.
13 Februari 2022, 14:01
Alo dr. Muthia. Izin menyampaikan pendapat ya. Menurut manifestasi seperti di gambar, bisa dipikirkan kemungkinan ini suatu Aspergillosis kutan. Saya di praktik mandiri memberikan terapi kombinasi Griseofulvin dengan Ketokonazole dan juga vitamin A, dan obat simptomatis lainnya misal CTM jika gatal. Kalau topikal bisa ditambah zalf 19. Tapi harus diinfokan ke pasien bahwa pengobatan jamur ini memakan waktu lama sehingga dibutuhkan kepatuhan kontrol pengobatan. Jika sering menggunakan masker pastikan maskernya baru dan diganti tiap 3 jam sekali.
13 Februari 2022, 14:25
Terimakasih infonya dok
13 Februari 2022, 16:12
Iya dok, saya juga sependapat sepertinya ini aspergillosis cutan, karna onsetnya cepat hanya dalam 3minggu, dan terasa gatal.
13 Februari 2022, 16:14
Saya juga sependapat dok sepertinya aspergillosis cutan, karena onsetnya cepat dalam 3minggu, terasa gatal.