Penggunaan KB suntik pada pasien yang belum menikah apakah terdapat efek samping yang berbahaya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya pernah dapat pasien usia 20 th, belum menikah, dan pasien mengaku bekerja di cafe. Dia sudah bekerja di cafe selama 1 tahun, dan datang ke klinik untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan KB suntik pada pasien yang belum menikah apakah terdapat efek samping yang berbahaya

    20 Oktober 2020, 15:26

    Saya pernah dapat pasien usia 20 th, belum menikah, dan pasien mengaku bekerja di cafe. Dia sudah bekerja di cafe selama 1 tahun, dan datang ke klinik untuk suntik KB 1 bulan dengan alasan mencegah kehamilan. Apakah ada bahayanya melakukan suntik KB sebelum menikah? Terima kasih.

20 Oktober 2020, 15:52

Terima kasih dr. Jimmy atas sharingnya

Saya izin ikut berdiskusi, dalam pemberian kontrasepsi pada wanita yang belum menikah pertama adalah pelajari perilaku seksual remaja tersebut, Misalnya mengenai apakah ia telah berhubungan seksual sejak masih sangat muda, apakah ia berganti-ganti pasangan, adakah riwayat IMS, adakah riwayat kehamilan dan aborsi, serta lain sebagainya. Lalu dasar pemberian kontrasepsi pada remaja adalah untuk pencegahan kehamilan dan pencegahan IMS, sebelum remaja siap untuk merubah pola perilaku seksualnya pada fase abstinensi atau sebelum mereka siap membentuk sebuah keluarga dan mempunyai anak.

sebenarnya masih dalam pro dan kontra pemberian kb pada wanita yang belum menikah, namun dari yang saya baca untuk kb suntik memang aman untuk wanita yang belum menikah karena paling minim pengaruhnya terhadap hormonal.

Berikut artikel yang saya baca, mungkin ada sejawat yang ingin menambahkan. CMIIW

https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/04b22543eeca6000fc9c6e288d467e01.pdf