Penggunaan fitur rujukan yang sesuai dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter.Dalam Chat Bersama Dokter bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing dengan adanya fitur rekomendasi rujukan. Fitur rekomendasi rujukan tentu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan fitur rujukan yang sesuai dalam Chat Bersama Dokter

    21 Mei 2021, 16:50

    ALO Dokter.

    Dalam Chat Bersama Dokter bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing dengan adanya fitur rekomendasi rujukan. Fitur rekomendasi rujukan tentu dapat memudahkan Dokter dalam memberikan rekomendasi yang tepat bagi keluhan pengguna. Oleh karena itu, penting bagi TS sekalian untuk menentukan rekomendasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi pengguna.

    Pada kondisi ketika user sudah perlu untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis namun dalam waktu dekat masih dapat konsultasi tanpa tatap muka maka dapat diberikan fitur rekomendasi untuk ‘Chat dengan dokter spesialis’. Namun, pada kondisi user sudah perlu konsultasi tatap muka atau pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis dalam waktu dekat maka dapat diberikan fitur rekomendasi ‘Buat janji konsultasi langsung’. 

    Pemberian fitur rekomendasi rujukan hanya diperkenankan 1 per chat serta tidak ganda, tepat sesuai indikasi dan kondisi user yang tentu dapat meningkatkan akurasi rujukan, lebih efektif, dan memudahkan pengguna dalam tindak lanjut permasalahan kondisi kesehatannya. 

    Bagi TS sekalian apakah ada yang mengalami kesulitan dalam memberikan rekomendasi rujukan atau adakah pendapat mengenai hal tersebut? Mari kita diskusikan bersama, Dok.

22 Mei 2021, 15:48
Alo dr. Olvy, setuju dengan pendapat yang sudah dikemukakan. Sering kali ditemukan bahwa penggunaan fitur referral masih sekadar untuk memenuhi target, namun relevansinya masih kurang. Perlu diingat kembali kepada TS medical advisor bahwa fitur referral buat janji sebaiknya lebih diperhatikan kembali, karena keluhan pasien/user saat konsultasi online acap kali membutuhkan penanganan secara langsung. Walaupun begitu, untuk sementara, dokter masih bisa memberikan penanganan awal dengan resep simptomatis.
04 Juni 2021, 15:18
Betul dokter, relevansi memang penting. Jangan sampai kondisi pasien yang sudah perlu untuk periksa namun tidak diberikan rujukan dengan tepat sehingga kondisinya atau keluhannya tidak teratasi dengan baik.
04 Juni 2021, 16:24
Terima kasih infonya dok
22 Mei 2021, 18:49
Terkadang kondisi pasien membutuhkan penanganan secara linear, contohnya psikoterapi dengan psikolog dan farmakoterapi dengan Psikiater. Apabila case seperti ini apakah masih tidak boleh memberikan rekomendasi ganda?
04 Juni 2021, 15:23
Alo Bapak Eduardus, terima kasih atas tanggapannya. Pada kondisi seperti itu jikalau memang user membutuhkan terapi linier dan keduanya memang sesuai indikasi maka tentu dapat diberikan.
Terkadang yang terjadi adalah misal pasien sudah indikasi perlu untuk periksa langsung namun diberikan rujukan untuk chat dan buat janji, di mana hal tsb kurang relevan karena lebih baik salah satu saja yang sesuai yang diberikan, dalam hal ini yang sesuai adalah untuk buat janji pemeriksaan langsung misalnya.