syarat penggunaan endoskopi pada kasus hematemesis - melena - Diskusi Dokter

general_alomedika

selamat pagi dok ijin sharing. di RSUD saya sangat banyak kasus hematemesis - melena. dan sebenarnya ada fasilitas endoskopi ya. Tapi termasuk jarang...

Diskusi Dokter

  • syarat penggunaan endoskopi pada kasus hematemesis - melena

  • selamat pagi dok ijin sharing. di RSUD saya sangat banyak kasus hematemesis - melena. dan sebenarnya ada fasilitas endoskopi ya. Tapi termasuk jarang digunakan.

    Sebenarnya apa indikasi dan kontraindikasi khusus pasien dengan hematemesis - melena mendapatkan tindakan endoskopi.

    Terimakasih

      dr.Bedry Qintha
    Moderator

    Alo dokter Alfonsus!

    Indikasi endoskopi diantaranya adalah untuk investigasi gejala, seperti mual, muntah, nyeri perut, kesulitan menelan, dan perdarahan gastrointestinal. Bisa juga untuk memastikan diagnosis. Umumnya, dengan melakukan biopsi untuk memeriksa pasien dengan kondisi seperti anemia, perdarahan, inflamasi, dan kanker pada sistem digestif.

    Bahkan endoskopi juga dapat digunakan untuk terapi, seperti kauterisasi pembuluh darah, melebarkan esofagus yang menyempit, dan mengangkat benda asing. Atau membantu pada terapi bedah invasif minimal.

    Kontraindikasinya, di antaranya adalah pada pasien yang belum stabil atau masih dalam kondisi gawat darurat, pasien yang menolak, risiko perforasi, dan penggunaan antikoagulan. Kontraindikasi lain adalah kontraindikasi sedasinya dok.

    Lengkapnya bisa dibaca di artikel Tindakan Medis - Endoskopi di Alomedika.

    Semoga membantu!

    Harus dipastikan terlebih dahulu, endoskopi di RS tempat TS bekerja apakah termasuk endoskopi terapetik atau hanya untuk diagnostik saja. Jika endoskopik bisa untuk tatalaksana seperti kauter, clipping mungkin pasien dengan perdarahan saluran cerna bagian atas bisa dilakukan tindakan endoskopi