Penggunaan Baju atau Brace Posture-correcting - Ortopedi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, Dr. dr. Humaryanto, Sp.OT, M.KesSaya ingin bertanya, Dok. Saat ini bermacam baju yang disebut "posture-correcting shirt" dan juga bermacam brace dijual...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan Baju atau Brace Posture-correcting - Ortopedi Ask the Expert

    04 Maret 2021, 14:46

    Alo, Dr. dr. Humaryanto, Sp.OT, M.Kes

    Saya ingin bertanya, Dok. Saat ini bermacam baju yang disebut "posture-correcting shirt" dan juga bermacam brace dijual bebas di pasaran dengan informasi bahwa penggunaan alat-alat ini dapat mengoreksi postur yang bungkuk dan mengurangi nyeri punggung. Apakah hal ini memiliki basis bukti ilmiah yang kuat tentang efikasinya, Dok? Dan apakah ada dampak negatif yang mungkin timbul dari praktik ini?

    Terima kasih informasinya. 

04 Maret 2021, 15:10
dr.Humaryanto
dr.Humaryanto
Dokter Spesialis Ortopedi

terima kasih atas pertanyaannya dr. Irene, apa yg dokter tanyakan jg sering mjd pertanyaan para pasien disini..

prinsipnya kondisi kelainan postural pada tubuh sejauh msh early/dini masih bisa diupayakan tindakan korektif non invasif, untuk mengetahuinya perlu dilakukan pengukuran dan pemeriksaan penunjang, sperti radiologi dari yg sederhana s.d canggih, yang dilakukan secara reguler untuk mengetahui respon terapinya, bila terjadi perbaikan maka terapi dpt dilanjutkan, tp kl tidak responsif maka perlu dipikirkan upaya lainnya sperti operatif. 

upaya korektif itu dapat dilakukan dengan pemasangan brace/orthosis, spt yang saat ini ada yg dijual bebas. Menurut hemat saya sebaiknya tetap berobat dulu kepada dokter/orthopaedic agar bisa diobservasi, karena tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan efek yg tdk diharapkan, seperti luka pada kulit, atau apa yg diharapkan tidak tercapai karena tidak ada kontrolnya.

mudah2an bisa menjawab pertanyaan dr. Irene..