Penggunaan Antasida selama Puasa - Gastroenterologi-Hepatologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Muhammad Miftahussurur, Sp.PD-KGEHDok, bila ada pasien yang punya riwayat gastritis yang sering kambuh ingin mengonsumsi antasida untuk profilaksis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan Antasida selama Puasa - Gastroenterologi-Hepatologi Ask the Expert

    14 April 2021, 12:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Muhammad Miftahussurur, Sp.PD-KGEH

    Dok, bila ada pasien yang punya riwayat gastritis yang sering kambuh ingin mengonsumsi antasida untuk profilaksis kekambuhan selama bulan puasa apakah diperbolehkan? Atau apakah penggunaan sebaiknya hanya dilakukan bila sudah timbul gejala? Terima kasih dok.

14 April 2021, 12:52

Terima kasih atas pertanyaannya.
Penggunaan antasida secara terus-menerus akan menimbulkan rebound effect dimana asam lambung yang awalnya dapat dinetralisir akan mempunyai kadar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Sehingga jika ingin mengurangi produksi asam lambung dengan waktu agak panjang maka dapat digunakan obat golongan PPI. Tetapi harus diingat PPI baru bekerja maksimal setelah 2 hari. Sehingga pemberian antasida pada 2 hari pertama sebelum PPI bekerja maksimal sangat membantu keluhan pasien. Alternatif kedua adalah antasida  diberikan  dengan cara alternate, yaitu minum selama 4 hari kemudian berhenti selama 3 hari, atau minum selama 1 minggu kemudian tidak minum selama 4 hari.