Pengaruh kehamilan pada pasien dengan skoliosis - Orthopedi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Hendra Cahya Kumara, Sp. OT.Izin bertanya mengenai pasien hamil dengan skoliosis dok, apakah kehamilan dapat berpengaruh pada derajat atau progesi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pengaruh kehamilan pada pasien dengan skoliosis - Orthopedi Ask The Expert

    10 Juni 2021, 14:01

    Alo dr. Hendra Cahya Kumara, Sp. OT.

    Izin bertanya mengenai pasien hamil dengan skoliosis dok, apakah kehamilan dapat berpengaruh pada derajat atau progesi kurva dari skoliosisnya serta bagaimana modalitas terapi atau tindakan yang dapat dilakukan misal apakah hanya dengan konservatif atau bagaimana pertimbangan untuk dilakukan tindakan pada pasien skoliosis yang juga sedang hamil? 

    Terima kasih dokter. 

10 Juni 2021, 14:14
scoliosis tidak akan bertambah kurvanya pada pasien pasca pubertas ( >usia 15 th pada wanita). sehingga kehamilan tdak akan menambah derajat keparahan kurva skoliosisnya.
jarang ada tindakan untuk skoliosis pada saat wanita hamil, karena biasanya sudah lewat masa pubertas, dan jika kurvanya besar semestinya sudah mendapat treatment skoliosis di usia remajanya.jika kurve tidak besar skoliosis tidak mengganggu kehamilan.
pada bbrp kasus skoliosis pada kehamilan hanya akan berpengaruh trhadap jenis persalinan yg akan dilakukan, dan ini bs dikonsultasikan dengan dokter kandungan, jika posisi panggul cukup baik tidak ada masalah pada proses persalinan normal. serta kemungkinan kesulitan pada saat bius spinal pada sectio caesaria. 
untuk keluhan saat kehamilan misal nyeri punggung belakang tidak berbeda dengan wanita hamil dengan non skoliosis