Pengaruh infeksi gigi terhadap hormon dan timbulnya kista di payudara - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam alodokter.mohon izin konsultasi, saya memiliki pasien wanita umur 48 tahun yang memiliki riwayat kista dipayudara, menurut keterangan pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pengaruh infeksi gigi terhadap hormon dan timbulnya kista di payudara

    15 Oktober 2019, 20:09

    Selamat malam alodokter.


    mohon izin konsultasi, saya memiliki pasien wanita umur 48 tahun yang memiliki riwayat kista dipayudara, menurut keterangan pasien kista ini sudah berkali-kali di operasi dan tumbuh lagi, selain itu dokter yang merawat curiga bahwa penyebab kista ini adalah karena faktor hormonal sehinga pasien menerima terapi hormon. Dokter yang merawat pasien saya ini kemudian menyarankan untuk cek gigi karena dikhawatirkan faktor kesehatan gigi dapat mempengaruhi kekambuhan kista, namun sayangnya dokter tidak menyertakan surat pengantar mengenai keadaan pasien.

    Dari pemeriksaan gigi memang pasien memiliki beberapa gigi karies dan gangren radix yang perlu dirawat dan dicabut.

    Apakah infeksi di gigi dapat mempengaruhi hal tersebut?

    Apakah ada obat yang kurang dianjurkan untuk diberikan kepada pasien?

    Apakah ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan dalam pemberian obat atau tindakan invasif yang diberikan pada pasien dengan kondisi yang demikian? 

15 Oktober 2019, 20:36
Selamat malam dok,

Perubahan hormon memang berpengaruh pada jaringan payudara terutama perubahan hormon yang terjadi pada siklus menstruasi.

Perubahan hormon juga dapat mempengaruhi jaringan sekitar mulut, misalkan pada kenaikan kadar progesteron dapat terjadi pembengkakan pada gusi ataupun kelenjar air liur.

Sampai saat ini, sumber yang saya temukan adalah pengaruh hormon terhadap keadaan jaringan gigi dan mulut tetapi bukan sebaliknya dok. Oleh karena itu, sebaiknya bisa dipastikan kembali keterangan yang diberikan oleh pasien dengan meminta surat rujukan/keterangan medis dari dokter yang merujuk jika pasien kontrol kembali.

Berikut artikel yang saya jadikan rujukan https://www.webmd.com/oral-health/hormones-oral-health

Mohon tambahan dan koreksi dari sejawat lain. 
16 Oktober 2019, 19:16
Baik dok... terimakasih banyak infonya 
17 Oktober 2019, 05:29
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Setuju doc 👍👍