Pencegahan Noise-Induced Hearing Loss - THT Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KLMohon informasi, Dok. Apa sajakah edukasi yang dapat kita berikan kepada pasien yang berisiko mengalami noise-induced hearing...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pencegahan Noise-Induced Hearing Loss - THT Ask the Expert

    08 Juli 2021, 11:28

    Alo dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL

    Mohon informasi, Dok. Apa sajakah edukasi yang dapat kita berikan kepada pasien yang berisiko mengalami noise-induced hearing loss? Contohnya pada pasien yang bekerja di lingkungan yang bising atau pada remaja yang sering menggunakan earphone/headphone untuk mendengarkan musik dalam waktu lama. Terima kasih, Dok.

08 Juli 2021, 12:18
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter

Untuk edukasi pada remaja yang sering menggunakan earphone dan pekerja dengan lingkungan bising sedikit berbeda.

edukasi pada remaja dengan penggunaan ear phone adalah, sebaiknya untuk mengatur volume tidak lebih dari 75% batas maksimal speaker, dan lamanya penggunaan earphone tidak boleh lebih dari 1 jam. Karena ada beberapa kasus tinnitus atau NIHL disebabkan karena pemakaian earphone hingga ketiduran sampai keesokan hari. 

Edukasi pada pekerja dengan lingkungan bising, sebaiknya menggunakan earplug / earmuff atau pelindung telinga lain yang dapat mengurangi bising. selain itu juga di edukasi sering istirahat dengan lingkungan sunyi tiap 6-8 jam tergantung berapa desible pajanan bising.

Selain pekerja, juga dapat dilakukan edukasi pada pemberi kerja, yaitu dengan maintenence mesin secara berkala dan memberikan peredam pada sekitar mesin. dan dianjurkan untuk pemeriksaan berkala tes pendengaran / Audiometri pada pekerja yang terpapar bising