Pencegahan karies pada gigi anak - Kedokteran Gigi Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Eka, Sp.KGA, izin bertanya dokter.Bagaimana langkah mencegah terjadinya karies pada gigi anak? Usia berapa paling cepat mengenalkan pasta gigi pada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pencegahan karies pada gigi anak - Kedokteran Gigi Anak Ask The Expert

    04 November 2021, 10:01

    Alo dr. Eka, Sp.KGA, izin bertanya dokter.

    Bagaimana langkah mencegah terjadinya karies pada gigi anak? Usia berapa paling cepat mengenalkan pasta gigi pada anak? Dan kandungan apa dalam pasta gigi yang sebaiknya dihindari pada anak?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

04 November 2021, 15:16

Alo dr.Nurul,

Untuk menghindari karies gigi pada anak banyak sekali yang dapat dilakukan. Hal yang paling mendasar adalah memotivasi orangtua untuk konsisten menjaga kebersihan gigi anak dan melakukan kunjungan ke dokter gigi saat gigi pertama tumbuh atau maksimal di usia 1 tahun. Pemeriksaan dini sangat bermanfaat untuk mendeteksi resiko gigi berlubang pada anak secara individual, melihat kelainan struktur gigi sejak dini dan membekali orangtua mengenai dasar-dasar pemeliharaan gigi anak sesuai dengan tingkat resiko kariesnya.

Sesuai anjuran Kemenkes, WHO, dan organisasi profesi kedokteran gigi anak lainnya, penggunaan pasta gigi berfluoride dianjurkan dimulai sejak gigi pertama tumbuh dengan takaran yang terjaga, yaitu sebesar 1 butir beras untuk anak usia dibawah 3 tahun/belum bisa berkumur, dan sebesar 1 butir jagung untuk anak usia 3 tahun keatas/sudah bisa berkumur. Fluoride dengan takaran tersebut aman tertelan untuk 2x sikat gigi setiap hari. Saya sertakan gambar ilustrasinya agar lebih jelas ya, Dok.

Hindari penggunaan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride, karena tanpa fluoride pasta gigi hanya berfungsi membersihkan dan tidak menambah kekuatan email. Sebaiknya pilih pasta gigi yang sudah tersertifikasi BPOM agar yakin atas keamanan bahan-bahan yang digunakan. Semoga infonya membantu ya, Dok..