Pasien perempuan usia 20 tahun dengan Luka kecil gigitan tikus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien berusia 20 tahun yang baru digigit oleh tikus di ujung jari tengah tangan nya. Untuk saat ini pendarahan aktif tidak ada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien perempuan usia 20 tahun dengan Luka kecil gigitan tikus

    15 Desember 2021, 15:32

    Alo dokter, saya memiliki pasien berusia 20 tahun yang baru digigit oleh tikus di ujung jari tengah tangan nya. Untuk saat ini pendarahan aktif tidak ada namun luka sempat mengeluarkan darah dan sudah dicuci dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat.

    Riwayat imunisasi DT terakhir di pada saat sekolah dasar sekitar usia 12 tahun. Untuk saat ini saya berikan terapi sementara amoksisilin oral untuk 7 hari, gentamicin topikal dan ibuprofen bila nyeri.

    Mohon konsultasi untuk kasus ini apakah dibutuhkan penanganan khusus lainnya seperti suntikan tetanus imunoglobulin? Atau cukup di follow up 1 minggu kemudian ?

    BTK Coll

15 Desember 2021, 17:03

Alo, dr. Putu Eka P. Kefani,

 

Saya coba bantu menjawab, ya dok. Tikus biasanya jarang menyebarkan virus Rabies (Sumber: https://www.cdc.gov/rabies/exposure/animals/other.html dan https://www.cdc.gov/rabies/exposure/animals/domestic.html ). Yang lebih sering menyebarkan rabies adalah anjing, kucing, rakun, kelelawar, rubah.

Yang dikuatirkan dari gigitan tikus adalah rat bite fever akibat infeksi bakteri Streptobacillus moniliformis dan Spirillum minus (yang merupakan bakteri komensal mulut hewan pengerat) yang dapat muncul 3–10 hari (S. moniliformis) dan 7–21 hari (S.minus) setelah gigitan. (https://www.cdc.gov/rat-bite-fever/health-care-workers/index.html )

Penanganan dan edukasi terkait untuk pasien kembali kontrol yang dokter telah berikan sepertinya sudah cukup.

 

Semoga jawaban ini bermanfaat. Terima kasih

15 Desember 2021, 17:52
Terimakasih atas tanggapannya dr. Pittara
16 Desember 2021, 09:43
Tapi hati-2 di daerah band rabies (red band ) !!! Kuda juga bisa terpapar rabies
15 Desember 2021, 19:02
Sama-sama dok
16 Desember 2021, 10:59
Alo, dr. Timotius Bunawan,Good point dok. Terima kasih atas tambahannya.