Dampak dari emboli udara yang terdapat di jalur intravena - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, Saya ingin menanyakan pertanyaan keluarga user yang anaknya dirawat di rumah sakit. Pada pemasangan infus y terdapat emboli udara yang menurut...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Dampak dari emboli udara yang terdapat di jalur intravena

    05 Februari 2020, 20:36

    Alo Dokter, Saya ingin menanyakan pertanyaan keluarga user yang anaknya dirawat di rumah sakit. Pada pemasangan infus y terdapat emboli udara yang menurut orang tua pasien masuk ke pembuluh darah anaknya, sefatal apakah hal tersebut Dok? apakah ada hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan dampak adanya emboli udara pada pembuluh darah? Banyak Terima Kasih atas jawabannya ya Dok.

05 Februari 2020, 20:55

Selamat malam Dokter, saat ini bagaimana kondisi anaknya Dokter? 

Jadi sempat baca salah satu case report yang akan saya lampirkan link nya berikut:https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6650230/ kasus emboli udara akibat pemasangan infus sebenarnya cukup jarang terjadi. Namun pada case repot tersebut disebutkan beberapa upaya yang dilakukan pada kasus kecurigaan emboli udara dengan adanya gejala pada sistem saraf,  dimulai dengan pemberian oksigen, pengaturan posisi tradelenburg dan left lateral dekubitus.

Jika kondisinya tidak stabil dan dicurigai ada kerusakan organ maka terapi oksigen hiperbarik diperlukan.

Pada link beriku juga disertakan volume udara yang berkemungkinan menyebabkan emboli udara yang berbahaya ya Dokter https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5126790/.    Jika memang ada kecurigaan mungkin harus lebih diperhatikan apakah ada sesak, nyeri dada, batuk, kehilangan kesadaran, kejang, perubahan status mental, atau kelemahan pada satu sisi tubuh Dokter. 

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW

06 Februari 2020, 13:28
Sangat bermanfaat sharingnya Dokter, saat konsul stabil. Saya hanya menganjurkan ayah pasien  untuk selalu memantau kondisi anaknya dan segera membawa ke dokter bila ads keluhan berat spt yang dokter sebutkan.Terimakasih ya Dok Merry.
06 Februari 2020, 16:34
Terima kasih dok ­čÖĆ