Sirosis hepatis apakah bisa ditegakkan dengan pemeriksaan fisik - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang teman sejawat sekalian. Saya mau bertanya. Apakah sirosis hepatis bisa ditegakkan dari anamnesis dan pemeriksaan fisik? Karena pada beberapa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sirosis hepatis apakah bisa ditegakkan dengan pemeriksaan fisik

    26 September 2021, 09:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang teman sejawat sekalian. Saya mau bertanya. Apakah sirosis hepatis bisa ditegakkan dari anamnesis dan pemeriksaan fisik? Karena pada beberapa rumah sakit di area perifer, pemeriksaan lab hanya ada SGOT/SGPT. Seperti yang kita ketahui bersama, pada sirosis hepar, tentu tidak ada peningkatana SGOT/SGPT.

    Kemudian, pada sirosis hepar ada dua bentuk, kompensata dan dekompensata. Apabila sudah terjadi dekompensata, tentu lebih mudah menegakkan diagnosa karena bisa terjadi hematemesis, sklera ikterik, dan asites. Namun, apabila masih dalam bentuk kompensata, bagaimana cara kita menegakkan diagnosa? 

    Terimakasih banyak saya ucapkan 

26 September 2021, 09:37
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dokter, izin ikut diskusi ya... Untuk fisis pasien sirosis yg lain yg bisa dievaluasi :
Mata : ikterik
Thorax : spider nevi
Telapak tangan : eritema palmaris
26 September 2021, 09:40
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

Selamat pagi, dokter. Baik, dokter. Berarti tetap dari klinis ya dok. Dievaluasi semua. Terimakasih banyak dokter

26 September 2021, 09:57
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Iya dok... Jadi pada dasarnya kondisi patologis utama pada pasien sirosis ada 2, yaitu gagal hati dan hipertensi porta. Gejala hipertensi porta berupa asites, edema, venektasi, hemorrhoid. Sementara gagal hati berupa peningkatan bilirubin dgn fisis ikterik, koagulopati dgn tanda pemanjangan PT/INR/aptt, gangguan glukoneogenesis (pasien mudah hipoglikemik), ketidakseimbangan hormon androgen dgn tanda spider nevi, eritema palmaris, pada pria misalnya terjadi ginekomastia, dan atropi testis.
Pada fase awal sirosis (kompensata) mmg cenderung sulit diidentifikasi karena asimptomatik. Biasanya tetap harus dikonfirnasi melalui USG abdomen atau fibroscan untuk memantau derajat fibrosisnya. Mohon koreksi atau tambahan dari TS yg lain.
26 September 2021, 10:00
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
GOT/GPT justru tidak teralu tinggi atau relatif normal pada sirosis dok, karena jaringan hatinya sudah banyak tergantikan oleh jaringan fibrosis. Kecuali jika terdapat inflamasi akut (acute liver failue)