Pemeriksaan Anti HBS apakah harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pemberian vaksin HBSAg - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dokter, Selamat siang.Izin bertanya dok, apakah bisa jika pasien dengan pemeriksaan HBSAg non reaktif diberikan langsung vaksin Hepatitis B tanpa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemeriksaan Anti HBS apakah harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pemberian vaksin HBSAg

    29 September 2020, 11:08

    ALO dokter, Selamat siang.

    Izin bertanya dok, apakah bisa jika pasien dengan pemeriksaan HBSAg non reaktif diberikan langsung vaksin Hepatitis B tanpa dilakukan pemeriksaan anti HBS sebelumnya karena kendala fasilitas pemeriksaan yang blm ada? 

    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih 🙏

29 September 2020, 12:33

ALO, dr. Senandung!

Setahu saya, HbsAg yang nonreaktif dapat berarti 2 hal, yaitu tidak terjadi infeksi hepatitis B atau eliminasi infeksi sudah terjadi secara komplit dan anti-HBs sedang diproduksi. Kadar anti-HBs diperlukan untuk menentukan apakah individu tersebut pernah terinfeksi hepatitis B atau tidak, serta menentukan apakah vaksinasi diperlukan atau tidak.

CMIIW

 

https://www.cdc.gov/Vaccines/pubs/pinkbook/downloads/hepb.pdf

01 Oktober 2020, 14:30
ALO dokter Ciho, baik dok terimakasih ya dok atas sharing ilmunya. 
29 September 2020, 12:42
Ijin berdiskusi dok untuk pemberian vaksinasi hepatitis B sebaiknya dilakukan pemeriksaan HBsAg dan AntiHbsnya terlebih dahulu. Sebab pemeriksaan AntiHBs yg reaktif merujuk pada dua kemungkinan yaitu orang tsb telah divaksinasi sebelumnya atau mungkin sudah sembuh dari infeksi HBV akut dan tidak lagi menular. Karena bila orang sudah mendapat vaksinasi hepatitis hanya perlu melakukan pemeriksaan AntiHBs pasca vaksinasi untuk mengetahui jumlah AntiHBsnya, bila nilainya kurang makan orang tersebut cukup melakukan booster saja. Memang pada dasarnya jika hasil HBsAg non reaktif, maka antiHBs akan reaktif seperti pada orang yg mendapat vaksinasi hepatitis. Semoga penjelasan saya dapat membantu, terimakasih. 
01 Oktober 2020, 14:31
ALO dr. Arga, Terima kasih dok atas penjelasannya. 
03 Oktober 2020, 16:11
Alo Dok, 

Diperiksa keduanya dok, baik HbsAg dan antiHbs. Bila keduanya negatif, diberikan vaksinasi hepatitis B dgn jarak 0,1 dan 6 bulan.