bagaimana protokol pemberian norit? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, apakah ada yg pernah pengalaman memberikan norit (karbon aktif) untuk kasus keracunan? Bagaimana dosis pemberian yg tepat ya dok? krn beberapa ada...

Diskusi Dokter

07 Februari 2019, 13:03
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Nah, sebelum membahas mengenai dosis, pertama-tama yang perlu dibahas adalah tujuan penggunaannya terlebih dahulu. Untuk kasus keracunan, karbon aktif hanya bermanfaat untuk mencegah absorpsi melalui proses adsorpsi racun ke permukaan karbon aktif tersebut. Jadi, jangan asal ada kasus keracunan lalu diberikan karbon aktifnya karena obat ini bukan antidot. Harus diperhatikan bahwa toksin masih terdapat pada traktus gastrointestinal (dalam 1 jam) dan manfaat melebihi potensi risiko efek samping, khususnya risiko pneumonia aspirasi. Lalu juga perhatikan bahwa tidak semua toksin bisa diadsorpsi oleh karbon aktif.

Nah, setelah mengetahui pertimbangan penggunaannya, baru kita membahas dosis obatnya. Dosis general untuk kasus keracunan pada dewasa adalah 25-100 mg sebagai dosis tunggal tapi dapat juga diberikan sebagai dosis multipel. Lengkapnya dapat dibaca pada artikel berikut ya:

https://www.alomedika.com/obat/antidot/antidot-umum/karbon-aktif/indikasi-dan-dosis

07 Februari 2019, 17:22
Terimakasih