Penggunaan KB pada Ibu menyusui yang mengalami keterlambatan haid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam TS, mohon konsul, bagaimana pemberian KB pada ibu yang dalam kasus ini, setelah melahirkan 3 bulan, memberikan ASI eksklusif, sudah mulai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan KB pada Ibu menyusui yang mengalami keterlambatan haid

    09 Oktober 2019, 20:45
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam TS, mohon konsul, bagaimana pemberian KB pada ibu yang dalam kasus ini, setelah melahirkan 3 bulan, memberikan ASI eksklusif, sudah mulai menstruasi,  sudah berhubungan seksual, namun sekarang sedang terlambat haid.


    Pertanyaannya kapan kita bisa yakin untuk memulai KB atau waktu untuk pemeriksaan tespack yang tepat agar yakin tidak terjadi kehamilan, karena mungkin kalau menunggu haid bisa saja masih lama/tidak teratur.


    Terimakasih dok 🙏

10 Oktober 2019, 00:14

Selamat malam Dokter, jika setelah nifas selesai dan Ibu mengatakan sudah mengalami menstruasi kembali dan aktif berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi apapun, tentu harus dilakukan tespack saat ibu mengaku terlambat menstruasi Dokter, jika memang hasil negatif/ tidak hamil baru bisa diberikan kb Dokter. Berikut link yang bisa menjadi tambahan bacaan Dokter https://www.medscape.com/viewarticle/565623_3

10 Oktober 2019, 11:54

Alo Dokter,

Setuju dengan dr. Merry, baiknya pastikan dulu ibu tsb tidak hamil dengan melakukan test pack atau USG (jika perlu). Penggunaan kb bisa dilakukan setelah ibu dinyatakan tdk hamil. Jika hub seks masih kurang dari 72 jam, bisa ditawarkan kontrasepsi darurat untuk cegah kehamilan. Pilihan kb pada ibu menyusui adalah IUD dan bentuk kontrasepsi hormonal misalnya implan, suntikan atau pil kb yang mengandung progesteron. Adanya estrogen dalam komponen kb bisa mengurangi/menghentikan produksi ASI. 

Sumber: Rekomendasi penggunaan kontrasepsi WHO 2016