Konsul pasien dengan pembengkakan di linea axilaris - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok sy dapet pasien usia 40th dengan pembengkakan pada Regio axila yg berulang dan nyeri. Konsistensi kenyal, bengkak mengecil dengan steroid. Sebelum nya os...

Diskusi Dokter

19 Januari 2019, 16:26
selamat sore dok, sblmnya mau nanya dulu dok. 
Apakah pasiennya laki laki atau perempuan dok? 
Apakah ada demam saat pembengkakan? 
Apakah bengkaknya hanya di axilla? Di regio lain spt mammae gimana dok? 
Makasih sblmnya
19 Januari 2019, 17:11
Selamat sore dokter, iya bisa ditanyakan dahulu sejak kapan benjolan ada, apakah terjadi perubahan ukuran dalam waktu cepat, adakah riwayat trauma, adakah keluhan lain seperti sesak, berat badan menurun.
Karena agak jarang kasusnya demikian, boleh dilakukan pemeriksaan penunjang dahulu seperti rontgen thoraks untuk melihat adakah kalsifikasi atau boleh juga dirujuk ke dokter spesialis bedah. 
Tetapi jika ada pengobatan definitif yang dilakukan pada pasien boleh diinfokan dok, sebagai bahan pembelajaran. Terima kasih.
19 Januari 2019, 19:25
Dr.asma kasusnya sangat menarik dok. Saya ingin bertanya utk memastikan yang dimaksudkan berulang seperti apa dok? Selama berapa lama pembengkakan hilang? Dan hilangnya dikarenakan apa Dok? Mohon info dok.
19 Januari 2019, 22:24
Alodoc. 
Sepertinya informasi yg disampaikan tidak lengkap, baik dari anamnesis, riwayat penyakit dahulu, maupun temuan pemeriksaan fisik dan penunjang. Mungkin bisa dipertajam. 
Sebagai masukan. 

Trm ksh 
21 Januari 2019, 17:39
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Mohon maaf ketika menghapus komen dr. Asma yang terlalu banyak, kebablasan keapus semuanya. Ini saya repost ulang balasan dr. Asma

Pasien lelaki usia 40th dengan keluhan bengkak pada axila sejak 2 hari yg lalu. Bengkak dirasa nyeri dan langsung membesar. Bengkak hanya terjadi pada Regio sesuai foto. Sebelum bengkak muncul pada mengalami lesi vesikel menyerupai herpes. Sebulan yg lalu keluhan yg sama muncul, berdasarkan rekam medis sempat diobati dengan metylprednisolon dan bengkak berkurang. 2 hari belakangan bengkak kembali muncul. Begitu dok. Saat ini di tempat terpencil sehingga tidak ada ronsen dok. 

20 Januari 2019, 00:18
19 Januari 2019, 15:59

Dok sy dapet pasien usia 40th dengan pembengkakan pada Regio axila yg berulang dan nyeri. Konsistensi kenyal, bengkak mengecil dengan steroid. Sebelum nya os didiagnosis dengan post herpetik neuralgia.  Kira kira apa ya dok? 

Ragu dengan benjolan..protokolnya kita fnab fine needle biopsy aspiration dok...
20 Januari 2019, 21:11
Sangat menarik pembahasannya 🙌.
20 Januari 2019, 22:12
Mohon maaf Dr. Asma, dari yang saya analisis sebenarnya kasus ini masih berkaitan dan bahkan bisa merupakan episode lanjutan dari PHN (Post Herpetic Neuralgia) 
Dari referensi yang Saya dapatkan, edema sangat mungkin timbul sebagai salah satu gejala Selain nyeri dan gambaran effloresensi yang umum kita ketahui terjadi pada PHN. 

Berikut artikel terkait dok: 

 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5036669/#!po=13.2813">Postherpetic neuralgia: epidemiology, pathophysiology, and pain management pharmacology 

Kasus ini sangat menarik dan saya berharap ada spesialis kulit yang bisa memberikan penjelasan lebih detail mengenai ini. 

Dan untuk Dr. Asma seandainya memungkinkan mohon follow Up dari pengobatan pasien terutama terkait edema yang dialami dapat dilaporkan dalam forum ini ya dok😊
21 Januari 2019, 02:50
Baik dok terimakasih ya utk link dan penjelasannya. Akan saya infokan terkait perkembangan pengobatan pada pasien tsb.
21 Januari 2019, 08:28
Sangat menarik infonya Dok. 
21 Januari 2019, 17:32
Sama sama Dr. Asma, terimakasih responnya ya dok😊
21 Januari 2019, 21:20
Alodoc. 
Terima kasih utk informasinya. Benjolan di daerah dekat regio aksila post herpetic dan hilang timbul, bisa jadi merupakan neuralgia post herpetik. Apalagi dgn riwayat pemberian metilprednisolone, keluhannya menghilang lalu muncul kembali. DD lain selain PHN adalah bisa berupa abses, atau limfadenopati axilla, karena lymphatic drainage banyak di sana. Adanya vesikel yg awal muncul bisa menjadi port-de-entry nya kuman sehingga menimbulkan abses, ataupun pembesaran kelenjar limfa sebagai respon imun tubuh melawan radang. Nyeri merupakan suatu  tanda khas yg menunjukkan adanya proses inflamasi di sana. Jadi, kemungkinan satu tumor bisa dikesampingkan. 

Pemeriksaan USG adalah pemeriksaan non-invasif yg disarankan utk dikerjakan terlebih dahulu. Dari gambaran USG, penumpukan nanah atau cairan, atau pembesaran kelenjar getah bening, atapun hanya pembengkakan jaringan berupa otot,  bisa terlihat. Utk kasus ini, tindakan FNAB saran agar jangan dilakukan buru2 karena itu merupakan tindakan invasif. Terkecuali, bila ini suatu massa keras, terlokalisir, dgn batasan jelas, seperti suatu nodul, mungkin bisa berguna. Ada beberapa kaedah kapan FNAB kita lakukan, dan kapan menunjukkan tindakan ini tidak bermanfaat. Mengingat pembengkakannya yg cukup besar, perabaan tidak teraba massa, tindakan FNAB menjadi kurang bermanfaat utk mengambil sampel menunjukkan gambaran sitologi (sel) pemeriksaan: jinak atau tidak jinak. 

Semoga bermanfaat. 
21 Januari 2019, 22:39
Terimakasih untuk sharing nya Dr. Rudi. Diagnosis banding yang dokter berikan sangat bermanfaat untuk tambahan pengetahuan kami. 
Kasus ini sangat menarik dan semoga bisa di follow Up dengan baik dan dapat dilaporkan kepada kita untuk kedepannya ya Dr. Asma terutama terkait pengobatan yang diberikan, pemeriksaan penunjang yang memungkinkan dilakukan, dan respon pasien sendiri terhadap pengobatan. Terimakasih

24 Januari 2019, 17:14
Baik dok sangat membantu terimakasih banyak.
24 Januari 2019, 18:36
Terima kasih atas sharing ilmu nya dok