Pemakaian headset yang aman - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano Sp. THT izin bertanya dokter, sebaiknya berapa lama ya dok dalam sehari seseorang masih diperbolehkan menggunakan headset? Dan adakah perbedaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemakaian headset yang aman - THT Ask The Expert

    29 September 2021, 10:26

    Alo dr. Rano Sp. THT izin bertanya dokter, sebaiknya berapa lama ya dok dalam sehari seseorang masih diperbolehkan menggunakan headset? Dan adakah perbedaan dari segi kesehatan mengenai pemakaian headset pada sebagian atau kedua lubang telinga dokter?

29 September 2021, 11:37
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter. terima kasih atas pertanyaanya.

Untuk lama pemakaian headset / ear phone sebaiknya disesuaikan dengan volume dari device tersebut. PAda penelitian di link bawah , menyebutkan pemakaian headset pada Call center antara 68-88 dB. Berati diperbolehkan selama 8 jam.

 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6301089/

 

Namun jika sudah ada suara berdenging atau suara menjadi kecil, hal ini merupakan tanda saraf pendengaran sudah mulai kelelahan dan sebaiknya dihentikan atau istirahat atau menjauh dari paparan bising, unutk mencegah terjadinya NIHL.

Jika earphone dipakai unilateral, dan tidak sesuai lama pajanan serta volume tentu saja akan mempengaruhi satu sisi telinga. 

Selain itu penggunaan earphone / headset juga meningkatkan resiko infeksi telinga luar dan mengganggu self cleaning dari serumen telinga.

 

RAnge Noise.pdf
29 September 2021, 13:23
Baik dokter.. Terima kasih banyak