Pasien geriatri tidak mau makan sudah 2 minggu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Permisi dok, Saya ada home visit pasien geriatri berumur 72 tahun, dengan keluhan lemas tidak mau makan sejak 1 minggu. Keluhan sudah sering di...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien geriatri tidak mau makan sudah 2 minggu

    26 Agustus 2021, 13:00
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Permisi dok, Saya ada home visit pasien geriatri berumur 72 tahun, dengan keluhan lemas tidak mau makan sejak 1 minggu. Keluhan sudah sering di rasakan hilang timbul sejak 3 bulan. Pasien mengeluh badan lemas, tidak nafsu makan, mual, namun tidak ada nyeri ulu hati, tidak ada muntah.

    Dari pemeriksaan TTV N:90x/i, T :36.8 C, TD :90/60 mmHg, RR :22x/i. Di temukan Conjungtifa anemis (+), edema pretibial (+/+) minimal, & jantung paru abdomen dalam batas normal. Swab Antigen (-). Pasien di pasang infus NaCL 0.9 %, serta obat2 tan vitamin B complex untuk menambah selera makan.

    Apakah gejala pasien tersebut termasuk dalam sindroma geriatri, bagaiamana rencana penatalaksanaan selanjutnya dok? Apakah pasien harus di rawat di rumah sakit dok?

26 Agustus 2021, 15:10

Alo Dok,

Apakah inputnya dari infus saja Dok? Dalam 1 hari makanan yang bisa masuk apa saja dan berapa banyak Dok?

Kalau melihat dari pemeriksaan yang Dokter lakukan mungkin saya akan menyarankan rawat inap untuk monitor nutrisi dan balans cairan Dok. Selain itu mungkin perlu dilakukan pemeriksaan fungsi ginjal dan albumin (karena adanya edema).

Mungkin dari teman sejawat lain ada yang mau memberikan pendapat? Terima kasih..

26 Agustus 2021, 15:11

Tambahan, kalau di rumah sakit juga bisa mendapatkan nutrisi lewat NG tube Dok

26 Agustus 2021, 18:13
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Makanan yang masuk hanya buah dok, itu pun sangat sedikit. Pasien saya berikan vitamin B comp ke dalam larutan infusnya dok untuk meningkatkan nafsu makannya.
Iya dok, sepertinya memang harus di rujuk karena ada kecurigaan kurang protein.
Terima kasih masukannya dok
26 Agustus 2021, 20:07
Dirawat dirumah sakit ,krn perlu infus ,dan perlu pemeriksaan lab dl ,bun creat.
27 Agustus 2021, 12:54
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dok
26 Agustus 2021, 21:22
dr.Sarly Puspita Ariesa , Sp.PD
dr.Sarly Puspita Ariesa , Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
ALO Dokter.. Selamat Malam.. pada pasien geriatri yang terjadi penurunan nafsu makan biasanya terjadi karena infeksi (silent infection)..Mungkin bisa kita lacak juga ya.. Infeksi nya.. Bisa dari infeksi paru (tidak harus Ada batuk, sesak) bisa karena pneumonia ortostatik.. Infeksi saluran kemih..sehingga diperlukan urinalisa, Rongent thorax juga.. Kemudian utk pucat Dan edema pretibial perlu kita pikirkan anemia penyakit kronis atau akibat defisiensi zat besi.. Kemudian hipoalbumin.. Sehingga tatalaksananya nanti sesuai dengan kausatif nya Dan supportif.. Demikian yang dapat Saya sampai kan.. Semoga dapat membantu
27 Agustus 2021, 12:55
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih advice nya dok