Pasien riwayat HT dan DM tidak terkontrol dengan bradikardi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin konsul pasien datang dengan keluhan nyeri uluhati, mual dan nyeri kepala.Riw. Ht dan DM tidak terkontrolKu lemas/CMTD: awal 80/70 setelah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien riwayat HT dan DM tidak terkontrol dengan bradikardi

    19 Juni 2022, 23:24
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin konsul pasien datang dengan keluhan nyeri uluhati, mual dan nyeri kepala.

    Riw. Ht dan DM tidak terkontrol

    Ku lemas/CM

    TD: awal 80/70 setelah diguyur nacl 0,9% 250cc jadi 80/50

    N: 46

    P: 30

    S: 36,5

    SPO2 100

    Akral dingin

    Lab: wbc 11,9x10³

    Gds: 191

    Lain2 dbn

    Ekg terlampir.

    Yang ingin sy tanyakan apakah ada tempat untuk pemberian SA pada pasien ini untuk atasi bradikardi?

    Mohon izin masukan tatalaksana menurut ts sekalian. Tks

20 Juni 2022, 08:05

ALo Dokter, kemungkinan besar pasien ini mengalami angina e.c iskemik susp complete heart block (EKG tidak terlampir). Atropin dapat diberikan sebagai terapi awal, untuk meningkatkan denyut jantung dan curah jantung, tetapi ini hanya bekerja sementara. Tindakan lain yang dapat dilakukan adalah pemasangan alat pacu jantung transkutan, atau pacing eksternal menggunakan defibrilator. Ini juga tindakan sementara, sampai pasien dirujuk ke pusat jantung untuk pacu jantung internal dan angiogram.

Referensi: https://www.alomedika.com/penyakit/kardiologi/bradikardia/penatalaksanaan

Pemberian atropin harus hati-hati dengan monitor EKG, karena berisiko menyebabkan aritmia yang berbahaya seperti VT, terutama pada penyakit jantung iskemik. 

20 Juni 2022, 10:26
Alo dokter, dok maaf di tempat saya ecg nya ndak muncul, jadi ndak bisa lihat ecg nya bagaimana, tetapi bila memang benar pasien dengan ischemic heart disease mungkin saya rasa pemberian dopamine bisa membantu dok. Selain memiliki efek inotropic, chronotropic, dromotropic, dan lusitropic, dopamine juga bekerja pada reseptor Dopamine adrenergic 1 (DA 1) yang sebenarnya juga ada di pembuluh darah koroner sehingga bisa membantu dilatasi dari arteri koroner.
03 Juli 2022, 23:46
Izin bertanya dokter, kalau ketemu pasien seperti ini di PKM yg tidak ada syringe pump, apa boleh ya dok pemberian dopamine dgn infus biasa dok atau sebaiknya dopamine distart di Fasilitas yg ada syringe pump saja ya dok
04 Juli 2022, 06:27
Pemberian obat obat sympathimimetic sebaiknya diberikan dengan dosia yang pas dok, karena obat tersebut juga punya resiko bila terlalu tinggi dosisnya. Sial sial bisa sampai arrest.
Tetapi dok pada kondisi yang emergency, saya rasa upaya yang kita lakukan dengan tujuan menyelamatkan pasien ya boleh saja dilakukan dengan tetap meminimalisir kesalahan dok.
Untuk diingat ingat saja 20tetes makro drip = 1cc, 60tetes mikro drip = 1cc
Seperti itu dokter
04 Juli 2022, 07:52
Baik dokter, terima kasih dok 🙏🏻