Pasien anak dengan sesak - Paru Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Khairuddin Hamdani Sp.P izin bertanya dokter. Untuk pasien anak dengan sesak tanpa riwayat atau klinis asma terkadang keluarga meminta agar diberikan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak dengan sesak - Paru Ask the Expert

    09 Maret 2022, 13:59
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Khairuddin Hamdani Sp.P izin bertanya dokter. Untuk pasien anak dengan sesak tanpa riwayat atau klinis asma terkadang keluarga meminta agar diberikan nebulisasi untuk mengeluarkan dahak dan melegakan pernapasan. Dan pasien sering melakukannya sekitar 2 bulan sekali jika batuk. Ibu pasien berdalih tidak mau minum obat puyer dan sirup karena pasien sulit patuh, kalaupun pernah dicoba satu atau 2 hari dengan puyer campuran GG, CTM, dexamethason, dan salbutamol serta tambahan sirup ambroxol cenderung kurang efektif. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Amankah penggunaan salbutamol nebulizer dan puyer jika pasien tidak ada riwayat asma? Apa efek jangka panjangnya?
    2. Adakah obat yang dapat melegakan pernapasan pada bayi dan anak dengan cepat?
    3. Bolehkah puyer dengan campuran obat tersebut dan apakah jika dimasukkan dalam puyer dosis obat dikurangi dibandingkan ketika berbentuk tablet (karena beberapa dokter sepertinya meresepkan jika dalam bentuk puyer dosis masing2 obat dikurangi)
    Demikian terimakasih dokter untuk jawabannya 🙏

09 Maret 2022, 14:51
dr. Khairuddin Hamdani Sp.P
dr. Khairuddin Hamdani Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Alo dok,
1. Aman dok. Saat ini terapi inhalasi merupakan pilihan pengobatan aman untuk mengencerkan & melegakan napas. Karena kerjanya lokal hanya di paru dan dosis yang jauh lebih rendah dari obat oral. Meskipun pasien tidak ad riwayat asma.
2. Obat inhalasi juga jawabannya. Kerja lbh cepat, aman dan dosis lbh kecil.
3. Obat puyer, hanyalah bentuk sediaan untuk mempermudah pasien minum obat. Meskipun bentuk puyer masih pro kontra. Untuk dosis, tetap sesuai berat badan y dok. Trmksh