Oksigenasi pada pasien COVID-19 - Paru Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Selamat siang dr. Harsini, Sp.P(K). Terima kasih atas kesempatannya, Mohon izin bertanya dok,1. Pada pasien COVID-19 yang mengalami penurunan saturasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Oksigenasi pada pasien COVID-19 - Paru Ask the Expert

    19 Agustus 2021, 11:01

    ALO, Selamat siang dr. Harsini, Sp.P(K). Terima kasih atas kesempatannya,

     

    Mohon izin bertanya dok,

    1. Pada pasien COVID-19 yang mengalami penurunan saturasi oksigen, apakah ada perbedaan outcome antara pemberian oksigenasi dengan tabung oksigen biasa dan konsentrator?

    2. Pada pasien dengan happy hypoxia COVID-19, berapa lama pasien perlu mendapatkan terapi oksigen dok?

    Terima kasih.

19 Agustus 2021, 11:09
DR.dr.Harsini, SpP(K), FISR
DR.dr.Harsini, SpP(K), FISR
Dokter Spesialis Paru

1. untuk pasien covid yang mengalami desaturasi harus segera mendapatkan oksigen sesuai dengan kebutuhan nya berapa liternya.

pemberian oksigen dapat melalui oksigen tabung atau oksigen dari alat oksigen konsentrator. oksigen konsentrator adalah alat yang di pakai untuk mengubah udara bebas menjadi oksigen murni yang dapat digunakan oleh pasien, perlu diingat udara bebas hanya mengandung 21 % 02, kebanyakan nitrogen sehingga diperlukan alat untuk mengolahnya.

2. untuk terapi oksigen  tidak bisa dipatok berapa lama. semuanya tergantung dgn kondisi masing2 pasien dilihat dengan saturasi oksigen udah normal atau belum , untuk berapa liternya juga sesuai dengan kebutuhan pasien bisa dengan alat nasal kanul, masker non rebreathing, atau HFNC kadang malah perlu alat bantu napas (ventilator)