Nyeri dan bengkak pada tragus telinga - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin diskusi. Seorang user perempuan berusia 22 tahun, mengeluhkan nyeri pada telinga. Sudah 2 minggu ini, terasa bengkak, hingga sulit untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nyeri dan bengkak pada tragus telinga

    06 Desember 2022, 17:15

    Alo dokter izin diskusi. Seorang user perempuan berusia 22 tahun, mengeluhkan nyeri pada telinga. Sudah 2 minggu ini, terasa bengkak, hingga sulit untuk mangap dan mengunyah serta ada sakit kepala. Saya lakukan anamnesa dan tidak ada demam riwayat batuk pilek, trauma, atah sakit gigi. Sekarang pasien mengeluhkan nyeri. Saya hanya kasih anti nyeri dan anti radang saja dok. Mohon advisnya dok kira2 apa diagnosis pasien ya dok, dan tatalaksana yang tepat? Atau langsung rujuk saja ya dok ? Terimaksih TS

06 Desember 2022, 18:04
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
dr.Fandi Triansyah, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
ALO Dokter. Mungkin perlu dikonfirmasi apakah susah membuka mulut tsb suatu trismus atau bukan. Jika nyeri tekan tragus saja setahu saya itu mengarah ke Otitis Eksterna. Namun adanya trismus bisa mengarah abses leher dalam, yg setahu saya merupakan emergensi di bidang THT.
06 Desember 2022, 18:10
Terimakasih dokter fandi atas balasannya. Saya curiga juga ke abses leher dalam dan TMJ dok akan tetapi untuk demam bapil dan nyeri tenggorokan tidak ada dok. Sebaiknya memang di rujuk ini ya dok untuk lebih pasti. Terimakasih atas infonya ya dok.
06 Desember 2022, 19:11
dr.Suyanti, Sp.T.H.T.B.K.L
dr.Suyanti, Sp.T.H.T.B.K.L
Dokter Spesialis THT
Alo dokter,
Izin berdiskusi.. nyeri tekan tragus ataupun nyeri tarik auricula merupakan salah satu gejala khas  dari infeksi telinga luar atau otitis eksternal akut.. gejala lain ditandai dengan nyeri saat mengunyah atau membuka rahang ( hal ini dikarenakan sendi TMJ berada di dasar dari liang telinga sehingga saat mengalami infeksi telinga akan terasa nyeri bila terjadi pergerakan pada TMJ), telinga terasa tertutup, berdenging, adakanya disertai keluar cairan dr telinga... mungkin pada anamnesis bisa ditambahkan kembali apakah ada riwayat sering mengorek-ngorek telinga ataupun sering menggunakan earphone ataupun headset yang merupakan salah satu faktor pencetus terjadimya otitis eksterna akut..Bila memang benar diagnosa suatu otitis eksterna akut untuk tatalaksana awal, sebaiknya dilakukan debridemen  untuk membersihkan debris ataupun cairan infeksi pada telinganya kemudian diberikan antibiotik topikal bisa berupa antibiotik salep ataupun tetes telinga.. dapat ditambahkan juga obat anti nyeri dan antiradang y..
06 Desember 2022, 19:25
Baik terimaksih atas balasannya dok. Terimaksih atas saran dan informasinya sangat membantu saya untuk mempertajam anamnesa apabila terdapat kasus serupa.