Wanita usia 25 tahun dengan keluhan nyeri kaki dan jantung sejak 2 tahun yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter.. saya punya keluarga di Bogor, jauh dari saya, usianya sekitar 25 th, perempuan. Sejak 2 tahun punya keluhan nyeri kaki dan jantung. Tiap hari...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Wanita usia 25 tahun dengan keluhan nyeri kaki dan jantung sejak 2 tahun yang lalu

    01 Maret 2021, 18:48

    Alodokter.. saya punya keluarga di Bogor, jauh dari saya, usianya sekitar 25 th, perempuan. Sejak 2 tahun punya keluhan nyeri kaki dan jantung. Tiap hari kerja naik kereta, berdiri total 4 jam. Oleh dokter diberi doloneurobion, tapi punya efek samping tenggorokan kering, mual, pusing. Dua tahun yang lalu pernah donor darah. Semenjak itu jantung sering nyeri. Saudara saya sudah 5x konsul ke dokter online, dan 3x ke klinik. Belum pernah melakukan pemeriksaan penunjang. Apa yang harus dilakukan? Obat apa sebagai pengganti doloneurobion? Terima kasih.

01 Maret 2021, 22:46
dr. Abi Noya
dr. Abi Noya
Dokter Umum

Alo, Dokter, 

 

Untuk kondisi seperti ini rasanya perlu diperiksakan lebih lanjut pada SpJP, untuk menilai apakah keluhan yang dialami merupakan dampak dari penyakit jantung yang dimiliki. Perlu juga diperhatikan kembali apakah sebenarnya yang menjadi keluhan utama, jika hanya berupa myalgia sesaat akibat aktivitas, rasanya hanya diperlukan istirahat, peregangan otot, RICE, dan rutin olahraga dengan intensitas ringan - sedang. Sedangkan pemberian neurotropik dan analgesik lebih ke arah bila perlu saja. 

 

Menurut saya, jika ia mengalami keluhan yang sering kali terasa mengganggu, sampai terus merasa harus mengonsumsi obat, maka mungkin keluhan yang dialami lebih berat dari sekadar nyeri otot / kelelahan. Sehingga pemeriksaan penunjang ada baiknya dilakukan untuk mengevaluasi lebih lanjut kondisi yang dialami. Setidaknya untuk mengevaluasi kembali klasifikasi NYHA-nya, adakah komorbid, serta mencaritahu apakah pengobatan yang selama ini dijalani sudah benar atau justru memberi efek interaksi obat yang clash dengan pengobatan yang dijalani, misalnya antikoagulan, aspirin, dll. 

Info mengenai interaksi obat dan peringatan dapat dibaca di sini:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/dolo-neurobion?type=full

https://www.alodokter.com/neurobion

 

CMIIW / mohon input&koreksi dari sejawat lainnya,
khususnya dokter SpJP yang ada di sini. 

02 Maret 2021, 03:24
Terima kasih banyak, dokter..