Nekrosis jaringan pada kaki paska kecelakaan - Ortopedi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Humaryanto, Sp.OT.Ingin bertanya, misalkan kita menerima pasien di FKTP dengan nekrosis pada salah satu kaki paska cedera akibat kecelakaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nekrosis jaringan pada kaki paska kecelakaan - Ortopedi Ask The Expert

    04 Maret 2021, 14:57
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang dr. Humaryanto, Sp.OT.

    Ingin bertanya, misalkan kita menerima pasien di FKTP dengan nekrosis pada salah satu kaki paska cedera akibat kecelakaan mobil yang baru saja terjadi. Sebenarnya adakah tatalaksana awal khusus yang perlu kita perhatikan sebelum pasien dirujuk ke fasilitas yang lebih lengkap dok? Apakah prinsip tatalaksana awal tersebut sama dengan cedera kaki yang tanpa nekrosis jaringan? Lalu, selain mungkin karena nekrosis jaringan kaki, kondisi apalagi yang menjadi indikasi dilakukannya tindakan amputasi kaki pada pasien seperti ini dok?

    Terima kasih..

04 Maret 2021, 16:01
dr.Humaryanto
dr.Humaryanto
Dokter Spesialis Ortopedi

terima kasih dok atas pertanyaannya, pertanyaannya baik..

kondisi nekrosis pada luka baru akibat terjepit dinilai dari apa msh ada capillary refill nya, kalo sdh memanjang, berarti tidak viable lagi, kmd dinilai jg betuk lukanya, kalo compang camping tidak beraturan jg resiko tidak viable. Tatalaksana awal sebaiknya luka dibersihkan dahulu dengan mengalirkan cairan NaCl, bila ada kotoran kita buang, kmd ditutup dengan kassa lembab NaCl untuk dirujuk. Namun bila sdh yakin kl kondisi luka sudah nekrosis bisa dilakukan amputasi/disartikulasi dengan tetap melalui tahapan informed consent. 

prinsip amputasi dilakukan bila sdh memenuhi kriteria organ sudah mati, tidak viable, dari klinis bisa tampak pucat atau menghitam, tidak ada perdarahan, gambaran nekrosis.

mudah2an bisa menjawab pertanyaannya