Cara yang tepat seperti apa untuk membedakan antara mood swing dengan gangguan kepribadian ambang - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr. Soeklola Sp. KJ. Izin bertanya dok, dalam konsultasi pasien banyak yang mengeluhkan gangguan mood atau perasaan yang berubah-ubah....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cara yang tepat seperti apa untuk membedakan antara mood swing dengan gangguan kepribadian ambang

    10 Desember 2020, 09:54
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi dr. Soeklola Sp. KJ. Izin bertanya dok, dalam konsultasi pasien banyak yang mengeluhkan gangguan mood atau perasaan yang berubah-ubah. Sebenarnya bagaimanakah membedakan kondisi yang dialami pasien tsb karena mood swing/perubahan mood atau ada kecenderungan ke arah gangguan kepribadian ambang dok?

10 Desember 2020, 10:14
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dok,

Memang gangguan kepribadian bisa sering mengecohkan dengan gangguan lainnya. Biasanya dugaan gangguan kepribadian muncul jika terdapat:

1. Pasien tidak dapat menyebutkan onset pastinya (atau menyebutkan sejak dulu, sejak kecil)

2. Kepribadian dapat nampak dan ditunjukkan dengan pola berulang dalam mengahadapi suatu situasi. Sehingga jika dilihat ada persamaan pola saat menghadapi masalah bisa jadi ini lebih ke gangguan kepribadian.

3. Gangguan dapat saja terjadi tanpa pencetus yang jelas.

4. Gangguan menetap walaupun telah diberikan pengobatan yang optimal.

Memang benar antara gangguan mood dan gangguan kepribadian pun bisa saling terjadi bersamaan, dan sering kali klinisi profesional pun kesulitan membedakan keduanya di pertemuan pertama.

Dokter bisa saja menyarankan pasien membuat mood jurnal berisi:

1. Suasana perasaan harian

2. Kejadian apa yang mencetuskan perasaan tersebut.

Hal ini dapat membantu pasien mengenali apa yang terjadi dengannya, termasuk pada orang kepribadian ambang, ia akan belajar untuk mengenali perasaan (hal ini yang umumnya tidak dapat ia lakukan).

Dokter juga perlu berfokus terhadap hal apa yang dapat didiskusikan bersama untuk dilakukan pada pasien. (dengan lebih berfokus goal terapi)

 

Semoga membantu