Apakah bisa menggunakan metronidazole sebagai profilaksis tetanus? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya jika pada faskes tidak tersedia vaksin TT apakah bisa menggunakan metronidazole sebagai profilaksis tetanus? Terimakasih.

Diskusi Dokter

04 Januari 2023, 11:50

ALO Dokter, Yang utama, langkah pertama profilaksis tetanus adalah melakukan eksplorasi dan debridemen secara menyeluruh pada luka.  Referensi: https://www.alomedika.com/protokol-profilaksis-tetanus

vaksin tetanus sebagai profilaksis luka hanya diberikan pada pasien yang belum mendapat vaksinasi secara lengkap, atau mendapat booster terakhir >5 tahun untuk luka rentan tetanus dan >10 tahun untuk luka bersih. Namun, jika vaksin tidak tersedia, secara teori antibiotik metronidazole dapat diberikan untuk menghambat pertumbuhan bakteri C. tetani, tetapi harus segera divaksin jika vaksin sudah tersedia.

Sebaiknya, pasien segera dirujuk ke puskesmas terdekat. karena seharusnya puskesmas tersedia vaksin tetanus. 

 

04 Januari 2023, 21:24
Alo dokter, untuk profilaksis tetanus dengan metronidazole sendiri saya rasa kok aneh ya dok. Perlu diketahui bahwa antibiotik profilaksis perdefinisi adalah pemberian antibiotik sebelum terjadi infeksi sama sekali. Umumnya antibiotik profilaksis diberikan seperti pada pasien pre operatif, atau seseorang yang akan bepergian ke suatu daerah dengan kondisi endemi tertentu di daerah tersebut. Kalau tetanus diberi profilaksis sepertinya pasien minum metronidazole, lalu dengan sengaja memaparkan diri ke clostridium tetani. Mungkin coba dijelaskan kembali dok, yang dimaksud profilaksis di sini seperti bagaimana?