Mengatasi tumbuhnya gigi anak yang tidak rapi - Kedokteran Gigi Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo drg. Eka S. Shofiyah, Sp.KGA, Izin bertanya dokter, cara untuk gigi permanen anak agar tumbuhnya rapi bagaimana dokter? Karena tentunya gigi tanggal itu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mengatasi tumbuhnya gigi anak yang tidak rapi - Kedokteran Gigi Anak Ask The Expert

    04 November 2021, 10:17

    Alo drg. Eka S. Shofiyah, Sp.KGA, 

    Izin bertanya dokter, cara untuk gigi permanen anak agar tumbuhnya rapi bagaimana dokter? Karena tentunya gigi tanggal itu waktunya berbeda beda. Sering kali terjadi gigi belum tanggal tetapi ternyata gigi permanen sudah tumbuh. Sehingga akhirnya gigi permanen jadi tidak rapi tumbuhnya. Apakah ada tips tips dokter untuk menghindari hal tersebut? 

    Terima kasih dokter 🙏🏻

04 November 2021, 11:53

Alo dr. Retma,

Ada banyak faktor yang mempengaruhi gigi permanen yang tumbuh rapi, termasuk didalamnya faktor genetik yang seringkali tidak bisa dihindari, seperti bentuk rahang yang cenderung kecil dibandingkan dengan ukuran giginya. Namun, ada juga faktor lain yang bisa diusahakan. Seperti:

1. Memastikan tidak ada oral habit yang menghambat pertumbuhan rahang, seperti bernafas lewat mulut, menghisap jari, penggunaan dot/empeng berkepanjangan dan lain lain.

2. Menstimulasi rahang anak untuk dapat berkembang maksimal dengan mengunyah makanan bertekstur dan mengurangi processed food.

3. Memastikan gigi sulung anak terjaga baik sehingga tidak timbul infeksi/abses yang dapat membuat gigi permanen yang masih di dalam tulang rahang berubah posisi, sehingga pada saat waktunya tumbuh nanti posisi gigi tidak miring/berputar.

4. Jika terlihat gigi permanen yang tumbuh duluan sebelum gigi susunya tanggal, segera dilakukan pencabutan.

5. Tidak mengabaikan gigi berlubang terutama yang posisi lubangnya terletak di permukaan pinggir (mesial-distal) gigi karena dapat memperkecil lebar lengkung gigi dan memperngaruhi posisi gigi.

Jika langkah-langkah tersebut diperhatikan dapat membantu untuk meminimalisir pertumbuhan posisi gigi yang tidak sesuai. Demikian penjelasan singkatnya, Dokter. :)