Pasien wanita usia 30 tahun degna keluhan terdapat subungual hematoma pada kedua jempol kaki yang muncul setelah bermain badminton - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter! Mohon pencerahannya, seorang wanita 30 tahun mengeluh timbul subungual hematom di kedua jempol kaki. Keluhan ini dirasakan setelah pasien main...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 30 tahun degna keluhan terdapat subungual hematoma pada kedua jempol kaki yang muncul setelah bermain badminton

    23 Juli 2020, 18:22
    dr. Willy
    dr. Willy
    Dokter Umum

    ALO, Dokter!

     

    Mohon pencerahannya, seorang wanita 30 tahun mengeluh timbul subungual hematom di kedua jempol kaki. Keluhan ini dirasakan setelah pasien main badminton, pasien mengaku memakai sepatu yang terasa longgar.

     

    Kejadiannya terjadi sekitar 20 hari yang lalu, dan merasa nyeri 2-3 hari pertama. Saat ini keluhan nyeri tidak ada, tetapi pasien merasa kukunya tidak bertumbuh. (Terlampir gambar 1 waktu awal kejadian dan gambar 2 20 hari setelah kejadian)

     

    Yang ingin saya tanyakan adalah apa yang perlu diwaspadai dari subungual hematoma ini, berapa lama akan sembuh secara spontan atau bila keadaannya seperti ini apakah diperlukan terapi khusus?

     

    Terima kasih.  

23 Juli 2020, 20:33

Alo Dokter,

Izin ikut berdiskusi ya dok. Kondisi sub ungual hematom dapat terjadi akibat cedera pembuluh darah pada kuku yang menyebabkan perdarahan yang terjadi dibawah kuku. Salah satu penyebab tersering adalah akibat penggunaan sepatu dengan ukuran yang tidak tepat terutama pada olahraga yang banyak menggunakan kemampua pada kaki seperti tenis, sepak bola, berlari juga pendaki gunung.

Gejala yang terjadi pada pasien ini cukup khas ya Dok pada kasus umum subungual hematom, dimana nyeri dirasakan pada beberapa awal hari cedera terjadi, nyeri kemudian menghilang dan diikuti perubahan warna kuku menjadi keunguan dan akhirnya kehitaman karena adanya bekuan darah.  Untuk kondisi perbaikan kuku sendiri memang cukup bervariasi ada kondisi dimana kuku dapat tumbuh kembali menjadi kuku yang tumbuh sempurna (biasanya 12-18 bulan), namun ada juga yang dengan indikasi tertentu perlu diangkat. Sebenarnya bila masih bersifat akut, di bawah 48 jam dapat dipertimbangkan tindakan trepinasi kuku untuk drainase perdarahan yang terjadi dibawah kuku.

Namun bila di atas 48 jam, darah mungkin sudah membeku dapat dipertimbangkan untuk tindakan avulsi kuku untuk mengeluarkan hematom terutama bila terasa nyeri dan terdapat tanda infeksi. Juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti x ray untuk melihat keterlibatan tulang pada kondisi pasien.

 

Berikut beberapa sumber yang mungkin dapat ditelaah lebih lanjut dok

https://www.aocd.org/page/SubungualHematoma?

https://www.medscape.com/viewarticle/554936

https://emedicine.medscape.com/article/82926-overview#a2

 

Semoga membantu ya dok

 

 

24 Juli 2020, 15:28
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

ALO dr. Rara,

 

Terima kasih infonya. 

23 Juli 2020, 21:08
dr.Andrio Prabowo,SpB
dr.Andrio Prabowo,SpB
Dokter Spesialis Bedah
Alodok. Saya setuju ini adalah suatu hematom subungual. Jelas disebabkan oleh karena trauma penekanan saat bermain badminton.

Kondisi ini jika tidak menimbulkan keluhan subyektif yg menganggu dari pasien atau jika tidak terjadi infeksi. Maka terapinya dapat konservatif. Kuku baru akan semakin tumbuh dari basis ke arah depan, sehingga makin lama hematom akan diganti oleh kuku baru seperti semula
24 Juli 2020, 15:30
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

Hi dr. Andrio,

 

Thanks dok buat peneguhannya. Jadi mungkin pasien baru perlu worry kalo memang ada keluhan subjektif dan ada tanda-tanda infeksi ya.