Menanggapi pertanyaan mengenai harga tindakan medis di Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter,Pertanyaan mengenai harga tindakan medis terkait kondisi medis yang dialami oleh user atau keluarganya merupakan pertanyaan yang tidak bisa kita...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menanggapi pertanyaan mengenai harga tindakan medis di Chat Bersama Dokter

    05 Agustus 2020, 14:24

    Alo Dokter,

    Pertanyaan mengenai harga tindakan medis terkait kondisi medis yang dialami oleh user atau keluarganya merupakan pertanyaan yang tidak bisa kita hindari dan sering kita temui dalam praktik sehari-hari termasuk dalam konsultasi pada Chat Bersama Dokter. Biasanya pertanyaan ini diajukan terutama pada user yang memang belum memiliki pengetahuan mengenai hai ini. Lalu bagaimana menyikapinya pada konsultasi Chat Bersama Dokter?


    Pada beberapa user mungkin sudah memiliki pengetahuan terkait hal-hal terkait administrasi termasuk info harga pemeriksaan atau tindakan yang dianjurkan baik oleh dokter yang merawat maupun saat berkonsultasi pada Chat Bersama Dokter. Namun, sebagian lain mungkin belum memiliki pengetahuan ini atau tidak mengetahui ke mana mencari informasi dan menggunakan fitur Chat Bersama Dokter untuk menanyakan hal ini. Hal yang dapat dilakukan untuk menyikapi pertanyaan ini adalah:

    1. Mengonfirmasi dan menganamnesis user untuk memastikan bahwa tindakan atau pemeriksaan yang ditanyakan harganya oleh user disarankan oleh tenaga medis yang berkompeten. Karena beberapa user terkadang melakukan pemeriksaan atas pengetahuan pribadi tanpa rekomendasi dokter sebelumnya. Meskipun hak masing-masing user untuk melakukan tindakan pemeriksaan tertentu misalnya, sebaiknya kita tetap mengedukasi agar tindakan medis atau pemeriksaan yang dilakukan user, bermanfaat, cost effective, dan paling sesuai untuk kondisi medis user atau disarankan oleh tenaga medis yang berkompeten.

    2. Bila Dokter mengetahui harga tindakan yang ditanyakan, Dokter dapat menjelaskannya secara umum atau memberikan rentang harga yang Dokter ketahui.

    3. Bila Dokter kurang mengetahui mengenai rentang harga sebuah tindakan medis, Dokter dapat menyarankan user untuk membuka website Alodokter untuk mencari harga tindakan medis yang ditanyakan user (https://www.alodokter.com/cari-dokter) . Tampilan website terlampir.

    4. Bila memang informasi mengenai harga tindakan medis tidak ditemukan, Dokter dapat mengedukasi user untuk menanyakan hal ini ke bagian yang berkompeten di rumah sakit seperti call center atau administrasi rumah sakit yang dituju.

    Bagaimana menurut Dokter sejawat sekalian?

05 Agustus 2020, 14:48

Alo dr. Rara

Terima kasih dok atas informasinya dan benar sekali dok terutama yang poin pertama untuk tetap anamnesis user sebelum memberikan info harga dari tindakan tersebut. Dengan kita mengetahui maksud dan tujuan user untuk memeriksa dan kita menggali juga apakah ada keluhan yang sesuai sehingga dokter dapat memberikan rekomendasi yang lebih personal kepada user yang bertanya 

05 Agustus 2020, 17:41
Alo dr. Retma

Benar sekali dok. Anamnesis adalah senjata utama dalam konsultasi online. Kadang ketika user bertanya harga tindakan di awal, saat di anamnesis ternyata bukan disarankan tenaga medis yg berkompeten bahkan atas keinginan sendiri yang kdg kurang sesuai untuk keluhannya. Jadi setuju sekali dok, tetap perlu dianamnesis minimal untuk konfirmasi.
05 Agustus 2020, 15:21
Alo dr. Rara,

Kadang sulit ya dok menemukan biaya tindakan yang sesuai, karena rentangnya variatif tergantung masing-masing faskes. Namun, setuju jika ada rujukan harga seperti link/screenshot harga tindakan, akan lebih baik dalam menunjang pernyataan dokter. 
05 Agustus 2020, 17:38
Alo Dokter Rey

Iyaa dok benar sekali memang untuk harga mungkin akan berbeda beda ya dok di setiap faskes. Dan mungkin sebuah tindakan medis kadang hanya tersedia di faskes tingkat tertentu. Sehingga pemberian informasi melalui website Alodokter sedikit banyak bisa membantu user. Apalagi bisa diatur bds lokasi user. Kalaupun tidak ada minimal bisa diberi info dimana tindakan tersebut bisa dijalankan.
05 Agustus 2020, 17:07
Terima kasih dr. Rara infonya sangat bermanfaat. Kadang menemukan pertanyaan yg seperti ini Dok. Saya setuju di awal perlu digali dulu terkait keluhan pengguna dan kadang ternyata keinginan pemeriksaan itu dari inisiatif pengguna sendiri dan jadinya perlu melakukan edukasi kembali terkait keluhan yg dialami saat ini. Sehingga, rekomendasi tindakan apa yg tepat untuk pengguna dapat lebih sesuai juga. 
05 Agustus 2020, 17:43
Alo Dokter Ayu,

Sependapat dok. Kadang dengan menganamnesis kita lebih mengetahui sejauh apa pengetahuan user dan pengelolaan user terhadap kondisi medisnya ya dok 😊
05 Agustus 2020, 18:11
Rapid test mahal juga ya.. Bukannya sdh ditetapkan menkes bahwa batas atas nya 150rb? 
06 Agustus 2020, 00:26
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

Hi dr. Rudi,

 

Betul sekali untuk pemeriksaan Rapid Test COVID menurut Surat Edaran Menkes No. HK.02.02/I/2875/2020 telah ditetapkan batasan tarif tertinggi adalah Rp. 150.000.  

 

Namun sebenarnya tujuan dari postingan ini adalah memberitahukan bahwa Alodokter bisa dijadikan referensi bila ada user yang menanyakan tentang biaya sebuah tindakan. Serta biaya yang tertera kami dapatkan dari rumah sakit terkait dan bukan merupakan biaya yang pasti (hanya perkiraan biaya). Biaya tersebut bisa mencakup biaya konsultasi juga bila memang diperlukan.

 

Tetapi masukan Dokter sangat berharga dan akan kami coba konfirmasi kembali ke tim terkait dan rumah sakit yang bersangkutan apakah harganya perlu di revisi.

 

Terima kasih dr. Rudi!

06 Agustus 2020, 09:31
Setuju dok. 

Beberapa waktu lalu saya sempat bertanya via diskusi terbuka ini dan ditanggapi beberapa TS, kurang lebih tepat yang dijelaskan dokter.

Saya pribadi termasuk tidak memberikan harga pasti, saya lebih sarankan kirim link alodokter terkait biaya, kemudian meminta mereka menghubungi klinik/RS, mengingat lokasi user berbeda-beda, tentunya ada perbedaan harga pula.


Terima kasih sharingnya dok 👍
06 Agustus 2020, 17:44
Alo drg. Adetya,

Sama sama dok. Wah berarti cukup sering ditemui pertanyaan ini ya dok. Saya juga setuju dok krn pasti ada perbedaan harga ya dok di satu tempat dan yg lain sehingga bisa diberikan range atau dapat diberikan link website Alodokter.
06 Agustus 2020, 16:55
Terima kasih atas pencerahannya dr. Rara..
Setuju dok, tetap di awal pendekatannya kita dari sisi keluhannya dulu ya dok agar masuk ke edukasinya juga lebih sesuai. Kemudian mengenai harga memang variatif, tapi setidaknya bisa kita berikan informasi dahulu sebagai gambaran awal agar user merasa diperhatikan dan diberi solusi. 
06 Agustus 2020, 17:51
Alo dr. Olvy benar sekali dok. Tetap sebaiknya anamnesis dan edukasinya harus diberikan ya dok. Agar lebih tepat dan holistik lagi infonya