Membedakan Konjungtivitis Bakterial dan Viral - Diskusi Dokter

general_alomedika

Malam sejawat. Saya baru mendapat pasien anak 3 tahun dengan keluhan mata merah, keluar kotoran sedikit-sedikit. Sepertinya tidak terlalu gatal karena anak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Membedakan Konjungtivitis Bakterial dan Viral

    18 Januari 2019, 19:25
    Adam
    Adam
    Dokter Umum

    Malam sejawat.

    Saya baru mendapat pasien anak 3 tahun dengan keluhan mata merah, keluar kotoran sedikit-sedikit. Sepertinya tidak terlalu gatal karena anak tampak tidak terganggu, tidak kucek mata, dan tidak rewel. Selain daripada itu, tidak ada keluhan lain atau riwayat penyakit maupun alergi. Tidak ada riwayat kontak dg orang keluhan sama.

    Saya diagnosis konjungtivitis viral. Apakah sudah tepat? Bagaimana membedakan konjungtivitis viral dg bakteri? Kapan harus kita beri antibiotik? Apakah konjungtivitis bakteri yg tidak diberi antibiotik berisiko komplikasi??

    Mohon bantuannya TS.

18 Januari 2019, 19:28
Selamat malam, apakah kotoran atau discharge nya lebih watery atau seperti pus kekuning hijauan? Karena jika lebih watery berarti menurut saya setuju viral. 
18 Januari 2019, 19:30
Lalu apakah satu mata atau kedua mata, apakah ada kongesti nasal? 
18 Januari 2019, 19:39
Alo dokter!
Kebeneran anak saya juga lagi konjungtivitis 
Setau saya kalo usia prasekolah paling sering bakteri dok. Kalo usia anak yg lebih besar biasanya viral. Tapi apapun itu, viral dan bakter rata-rata bisa sembuh sendiri.
Sekaligus menjawab pertanyaan dokter ttg komplikasi, untuk konj.bakteri, biasanya jika tidak diberi antibiotik tetes akan sembuh dalam 7-10 hari. Cmiiw.
18 Januari 2019, 22:10
Setuju Dok,  dan sangat bermanfaat infonya. 
18 Januari 2019, 22:20
Selamat malam dok, saya bantu sedikit ya dok. Dari yg saya baca dok, perbedaan konjungtivitis bakteri dan virus sbnrnya tidak terlaku signifikan, hanya saja pada virus lebih sering berair atau watery, dan biasanya juga ada mucus namun tidak sebanyak dan muncul sesering mungkin spt pada bakteri. 
Sedangkan lada bakteri biasanya yg utama adalah discharge yg bisa berwarna kuning , putij dan hijau dan bukam dominan berair. 

Utk pengobatan bisa di terapi sesuai penyebabnya, jika bakteri dpt diberikan antibiotik. Dan yg paling bagus adalah yg ointment daripada drop untuk anak anak. Sedangkan virus dpt diberikan antihistamin krn biasanya akan sembuh sendiri. 

Sekian dari saya dok, semoga membantu. 
Berikut saya lampirkan dari uptodate 


18 Januari 2019, 22:21
Tambahan terapinya
18 Januari 2019, 22:37
Terima kasih sharingnya dok.
18 Januari 2019, 23:01
Terimakasih sharingnya Dok.