Membantu Pengguna dalam Layanan Cek Resep dan Permintaan Resep - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya fitur pertanyaan Cek Resep dan Permintaan Resep. Fitur ini mempermudah pengguna...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Membantu Pengguna dalam Layanan Cek Resep dan Permintaan Resep

    07 Januari 2022, 12:40

    Alo Dokter!

    Bagi TS Medical Advisor tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya fitur pertanyaan Cek Resep dan Permintaan Resep. Fitur ini mempermudah pengguna Alodokter, baik yang sudah memiliki resep dengan hanya perlu mengunggah foto resep ataupun yang belum memiliki resep untuk membeli obat di Aloshop. Sebelum menebus obat, pengguna akan diarahkan ke percakapan dengan Dokter terlebih dahulu untuk memperoleh resep secara online.

    Oleh karena itu, penting bagi Dokter untuk membantu pengguna yang memerlukan resep dan memudahkan pengguna untuk mendapatkan obat yang diperlukan. Dalam memulai percakapan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konsultasi dapat berjalan dengan baik dan memudahkan pengguna dalam memperoleh resep obat:

    1.Sebelum menanyakan aspek keamanan obat, Dokter dapat menyampaikan kepada pengguna bahwa Dokter akan meresepkan obat sesuai dengan kebutuhannya, namun Dokter perlu menanyakan beberapa hal terlebih dahulu demi keamanan peresepan obat.

    Hal ini akan membantu meyakinkan pengguna bahwa dokter mengerti kebutuhan pengguna akan resep tersebut.

    Contoh percakapan:

    Q: Alo dokter, saya ingin membeli Amlodipine 5 Mg 10 Tablet di Aloshop. Namun pembelian tersebut memerlukan resep obat. Saya ingin berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan resep obat jika diperlukan

    A: Baik Pak, nanti akan Saya bantu resepkan ya, namun sebelumnya Saya perlu mengonfirmasi beberapa hal.

    2. Dokter dapat melakukan anamnesis yang relevan dengan obat yang ditanyakan. 

    Contoh: (sesuai dengan kasus di atas)

    Apakah Amlodipine ini sudah rutin Anda minum?

    Apakah sudah didiagnosis hipertensi (darah tinggi) oleh dokter? 

    3. Dokter tetap perlu memastikan keamanan penggunaan obat dengan menanyakan komponen pertanyaan precautions sebelum meresepkan, seperti riwayat alergi, kehamilan/menyusui.

    4. Setelahnya, Dokter dapat langsung meresepkan permintaan obat, sesuai dengan panduan peresepan online yang sudah diberikan.

    Jangan lupa untuk tetap berikan penjelasan mengenai pengobatan yang diberikan, serta edukasi non medikamentosa, red flag, serta anjuran kapan diperlukannya kontrol atau pemeriksaan lanjutan berdasarkan kondisi yang dialami.

    Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjawab pertanyaan pengguna mengenai permintaan resep. Bagaimana pengalaman rekan-rekan sejawat dalam menjawab pertanyaan seputar resep? Apakah ada kendala yang dialami? Mari kita diskusikan bersama.

07 Januari 2022, 13:04

Wah berarti untuk obat yang sudah biasa diminum user/pasien bisa diresepkan yah Dok, tidak perlu ditanya ulang secara detail soal penyakitnya. Terimakasih dr. Olvy untuk info barunya.

07 Januari 2022, 18:32
Terimakasih reminder nya dr
08 Januari 2022, 14:17
Terimakasih informasinya dok