Memar tanpa didahului trauma di pelipis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Selamat pagi dokter, ijin share pertanyaan dari user dok, user mengeluhkan anaknya usia 3 tahun, memiliki kelainan berupa penampakan seperti memar...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Memar tanpa didahului trauma di pelipis

    20 Agustus 2019, 09:26

    Alodokter! 
    Selamat pagi dokter, ijin share pertanyaan dari user dok, user mengeluhkan anaknya usia 3 tahun, memiliki kelainan berupa penampakan seperti memar di bagian pelipis kanan dan kirinya dari sejak lahir, namun dirasakan makin prominen sampai saat ini. tidak ada riwayat trauma sebelumnya. keluhan lain disangkal. anak memiliki riwayat pertumbuhan dan perkembangan yang normal sesuai usianya. 
    (Berikut saya lampirkan gambar nya)
    Yang ingin saya tanyakan, apakah abnormalitas ini dapat mengarah ke suatu keganasan dok? 
    Atau ini hanya sebuah kelainan pembuluh darah yang benign? 
    Mohon pencerahannya dokter, terimakasih 🙏

20 Agustus 2019, 09:40
Sejak kapan Dok?  Bisa jadi gambaran telangiektasis mungkin Dok, biasanya akan sering terlihat pada anak karena kulitnya masih cenderung tipis. 
20 Agustus 2019, 09:43
Sudah dari sejak kecil dokter, namun dirasakan lebih prominen saat usianya makin bertambah dokter, 
Terimakasih sarannya dokter, iya sepertinya telengiektasis ya dok 🙏
10 September 2019, 10:54
Terimakasih infonya dok. Kebetulan setelah baca ini saya teringat anak saya sendiri di bagian pelipisnya terdapat gambaran persis begini, usia anak 15thn namun memang tidak ada keluhan nyeri, disentuh atau ditekanpun tidak ada keluhan dri si anak. Berarti aman-aman saja ya dok? 
Terimakasih 
11 September 2019, 06:15
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Alo docs, pada kasus muncul benjolan kebiruan sejak lahir yang semakin lama semakin membesar tanpa adanya trauma mungkin perlu dipikirkan ke arah hemangioma. Pada cavernous hemangioma (deep hemangioma) maka dapat muncul benjolan berwarna kebiruan seperti pada foto yang dokter dokumentasikan. Mungkin pasien dapat dirujuk ke sejawat Spesialis Bedah untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat..