Cara membedakan melena yang terjadi karena perdarahan saluran cerna dengan melena yang terjadi karena konsumsi zat besi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, bagaimana membedakan BAB hitam karena perdarahan saluran cerna dg BAB hitam karena konsumsi tab fe?Terima kasih

Diskusi Dokter

18 November 2019, 14:16
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Kalau dari penampakan, yg karena konsumsi tab fe umumnya warnanya lebih keabu-abuan (grayish-black)..

BAB hitam sebenarnya tidak hanya karena konsumsi tab fe tapi bisa juga karena konsumsi obat lainnya seperti karbon aktif dan obat yang mengandung bismuth, atau karena makanan seperti konsumsi blueberry dalam jumlah banyak.. Jika memang ada kecurigaan BAB hitamnya karena perdarahan saluran cerna, tentu cara paling ideal adalah dengan melakukan pemeriksaan feses untuk melihat ada tidaknya darah pada feses.

18 November 2019, 14:21

Alodokter. Izin urun diskusi

Melena atau BAB berwarna seperti kehitaman merupakan salah satu khas klinis perdarahan SCBB. Pembeda klinis etiologi melena kearena pengaruh obat besi dengan perdarahan non-anemia seperti pencernaan harus dilakukan secara hati-hati, umumnya apabila feses tidak berbau dan tidak lengket dgn konsistensi normal memang bisa karena efek penggunaan tablet Fe, bismuth subsalicylat, dsb.

Namun, yang paling penting adalah gejala klinis yang menyertai dengan manifestasi perdarahan di mukosal area, dan waspada terjadi perdarahan samar di GI tract. Umumnya didapat saat pemeriksaan feses lengkap, khususnya faecal occult blood test (Test darah samar feses) yang bisa menguatkan ada perdarahan samar. Apabila occult test positif, maka ini merupakan indikasi untuk segera mencari site perdarahan di lokasi GI Tract nya. Jika negatif, pasien dalam kasus pengobatan anemia, tetap diwaspadai akan perdarahan bukan sebagai penyingkir terjadinya GI-bleeding, trutama saluran cerna atas.
Gejala warning seperti tidak bisa flatus, dgn distensi abdomen, nyeri tekan, bising usus menurun bisa jadi tanda obstruksi patut diperhatikan...
Kemudian riwayat BAB berlendir, dicurigai infeksi organ viseral atau peritoneal, jika ada riwayat kanker pada keluarga curigai diverticulitis, ulkus duodenum, atau bahkan ruptur dengan riwayat trauma tumpul abdomen.

Saran pemeriksaan lanjutan pd Os, yakni foto abdomen 3 posisi dan BNO apabila fasilitas memadai untuk observasi penyingkiran diagnosis kelainan saluran kemih dan duktus bilier.

Mungkin ts Sp.PD bisa meluruskan.
Trims. 

18 November 2019, 14:22

Alo Dok,

Jika dilihat dari penampakan fisik sepertinya sulit ya Dok. Cara menyimpulkan diagnosa kembali lagi pada anamnesa dan pemeriksaan fisik: apakah ada konsumsi tablet zat besi atau konsumsi obat-obatan lain yang dapat memicu perdarahan saluran cerna misalnya NSAID atau jamu, apakah ada mual muntah atau nyeri perut sebelumnya. Lalu pada pemeriksaan fisik apakah ada tanda-tanda syok, pembesaran limpa atau hati, jaundice, spider nevi dll. Jika memang dikarenakan zat besi, umumnya pengentian konsumsi akan menghilangkan gejala.

Semoga membantu Dok,