Manfaat minuman yang mengandung kolagen untuk kecantikan kulit - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya. Sudah beberapa kali saya menemukan pertanyaan user mengenai manfaat minuman berkolagen (terutama jenis frozen collagen) untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Manfaat minuman yang mengandung kolagen untuk kecantikan kulit

    25 Oktober 2019, 19:05

    Alodokter, izin bertanya. Sudah beberapa kali saya menemukan pertanyaan user mengenai manfaat minuman berkolagen (terutama jenis frozen collagen) untuk kecantikan kulit, namun saya belum menemukan literatur yg benar2 menunjang manfaatnya. Apakah minuman berkolagen sudah aman dan dapat digunakan secara bebas, Dok? Jika tidak, risiko apa saja yg bisa didapat akibat rutin mengonsumsinya?


    Lalu bagaimana dengan keamanan konsumsinya oleh ibu menyusui dan ibu hamil? Karena banyak user yg menanyakan sedang menyusui atau hamil. 


    Terima kasih, Dok.

25 Oktober 2019, 19:36
Kalau yang Saya lihat ada beberapa jurnal spt Journal of Medical Nutrition and Nutraceuticals yang memuat penelitian yang membandingkan beberapa subjek yang rutin minum suplemen mengandung kolagen dengan yang tidak terlihat bahwa kerutan wajah berkurang drastis dan hidrasi kulit lebih terjaga.

Selain itu pada artikel berikut: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23949208 membandingkan suplemen kolagen dan plasebo menemukan bahwa elastisitas kulit lebih meningkat dan tingkat kelembaban kulit pun terjaga pada pengguna suplemen kolagen.
26 Oktober 2019, 04:42
Alo Dok,

Saya pun blm menemukan jurnal yg mendukung keamanannya utk ibu hamil dan menyusui, tapi setau saya produk minuman yg mengandung kolagen banyak dijual bebas. K*albe yg juga sudah memproduksi sendiri jenis minuman tsb membuat disclaimer di lamannya bahwa penggunaanya pada ibu hamil harus dlm pengawasan dokter.

Mengenai efeknya, dalam suatu jurnal disebutkan bahwa konsumsi kolagen dapat membantu mengurangi kerutan, membuat kulit lebih lembab dan kenyal. Patogenesisnya adalah peptida yg terkandung dalam kolagen akan merangsang proliferasi dan motilitas fibroblas, yg kemudian membuat serat kulit menjadi lebih padat dan diameternya meningkat. Kolagen juga akan meningkatkan produksi asam hialutonat yg penting dlm menjaga kelembapan kulit. Efek lainnya, kolagen dapat membantu dlm memproteksi kulit terhadap paparan UV-A.

Berikut jurnalnya: https://benthamopen.com/ABSTRACT/TONUTRAJ-8-29