Terapi untuk kulit hidung yang terasa panas dan gatal - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya ada pasien hidungnga tiba tiba terasa panas dan gatal +/-1 hari SMS, demam sebelumnya tidak ada, mengaku baru demam hari ini. Pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Terapi untuk kulit hidung yang terasa panas dan gatal

    26 Agustus 2022, 08:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya ada pasien hidungnga tiba tiba terasa panas dan gatal +/-1 hari SMS, demam sebelumnya tidak ada, mengaku baru demam hari ini. Pasien berprofesi sebagai tukang kebun. Izin dok terapi yg tepat?,🙏

26 Agustus 2022, 08:48

ALO Dokter,  sepertinya ini lesi miliaria pustulosa ya Dok, mungkin bisa diterapi dengan antibiotik topikalseperti gentamicin sulfate 0,1 %  sebanyak 3-4 x sehari. Pasien mungkin bisa diedukasikan untuk tidak menyentuh kulit wajah bila tangan dalam keadaan kotor. Info selengkapnya mengenai penatalaksanaan miliaria bisa dibaca di artikel ini ya Dok: Miliaria

 

26 Agustus 2022, 15:41
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih dokter 🙏, atas masukannya
26 Agustus 2022, 15:38
dr.Tribakti
dr.Tribakti
Dokter Umum
Bisa jadi herpes simpleks, dok. Apakah ada lesi di kelamin? Coba anamnesa faktor resikony, dok.
26 Agustus 2022, 15:41
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Tidak ada dok, dan anehnya disertai mata bengkak tetapi tidak ada lesi 🙏 angioedema di mata sebelahnya dok, apakah ini reaksi alergi? Susp insectbite?
26 Agustus 2022, 22:55
dr.Renny Dhiantantri
dr.Renny Dhiantantri
Dokter Umum - Kecantikan
Malam dok..Sepertinya dermatitis venenata dok 🙏 kalau mengingat profesinya sebagai tukang kebun.dd/ herpesSaran : utk demam.. pastikan brp suhunya dok.. kadang dermatitis venenata membuat pasien merasa panas dingin karena rasa perih pada lesi.
27 Agustus 2022, 00:12
Alo Dokter. Setuju Dok, sy juga suspek mengarah ke dermatitis venenata atau insect bites. Biasanya lesinya agak ruam2 dan tampak bintil2 putih dasar eritema serta keluhan panas dan gatal di area tsb. Bisa bantu dgn kompres dingin utk meredakan rasa panas dan gatalnya, serta berikan kombinasi terapi topikal steroid ringan + antibiotik spt betametasone + gentamycin cream di area lesi, 2dd ue, serta edukasi jgn lupa cuci tangan setiap penggunaan salap dan sebelum/setelah menyentuh area wajah.
27 Agustus 2022, 08:04
Setuju Dok
27 Agustus 2022, 18:26
dr.Jasmin Thalib
dr.Jasmin Thalib
Dokter Spesialis Kulit
Melihat lesinya dan anamnesa diagnosa dermatitis venenata setuju + infeksi sekunder.
Terapi nya menurut saya bisa diberikan antihitamin , oral steroid jangka pendek dan antibiotik topikal yang tidak kombinasi seperti mupirosin atau golongan nutrisi fusidat.
Edukasi menjaga kebersihan lesi dengan mencuci wajah dengan sabun, mencuci tangan tiap kali selesai bekerja, tidak memanipulasi lesi.