Apakah konsumsi antibiotik akan mempengaruhi hasil kultur feses dan urin? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter.. selamat siang, izin konsulApabila ada pasien yg sedang konsumsi antibiotik, apakah dibolehkan stop penggunaan antibiotik sementara untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah konsumsi antibiotik akan mempengaruhi hasil kultur feses dan urin?

    29 Maret 2019, 13:56

    Alodokter.. selamat siang, izin konsul

    Apabila ada pasien yg sedang konsumsi antibiotik, apakah dibolehkan stop penggunaan antibiotik sementara untuk mengambil kultur spesimen feses bagi kepentingan diagnosis/ nilai sensitivitas antibiotik seperti bakt Clostridium, Salmonella dsb? Atau menunggu treatment selesai tapi dengan risiko ada kemungkinan antibiotik yg sudah di konsumsi memiliki sensitivitas rendah?

    Bagaimana sejawat melihat ini? trimkasih banyak

     

     

29 Maret 2019, 14:03

Tambahan informasi dok, Pasien wanita umur 15 thn BB 54 kg yang dirujuk ke RSUD dalam keadaan anemia berat, BB turun dan pengobatan antibiotik sudah 5 hari dan sy ingin memastikan jenis kultur untuk penegakan diagnosis, kapan ya dok sebaiknya dilakukan kultur tsb?

29 Maret 2019, 16:04
Alo Dok,

Utk kultur idealnya tentu sebelum diberikan antibiotik. Namun pemberian antibiotik jelas tidak bisa ditunda jika memang telah terbukti pasien mengalami infeksi berat atau sepsis. Berdasarkan referensi ini, kultur bisa dilakukan saat pemakaian antibiotik dan antibiotik bisa dihentikan jika memang antibiotik sebelumnya tidak sesuai dgn hasil kultur. Selengkapnya bisa dilihat di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4835863/

Semoga membantu dok, 
29 Maret 2019, 17:03

Baik dok, terimakasih atas sharing ilmunya..

29 Maret 2019, 17:40
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Dalam pemberian terapi antibiotik, ada istilah terapi empirik dan definitif. Terapi empirik yaitu terapi yg diberikan berdasarkan pengalaman klinis atau dimana data yg lengkap blm ada, sementara terapi antibiotik definitif yaitu terapi antibiotik yg diberikan berdasarkan hasil kultur dan resistensi antibiotik thd kuman.
Tidaklah bijak bila kita menghentikan terapi antibiotik yg sdh ada hanya utk pengambilan spesimen kultur, karena terapi yg kita berikan tsb adalah terapi empirik. Yg perlu kita lakukan adalah melakukan evaluasi secara klinis thd infeksi yg ditimbulkan dari kuman tsb, melalui pengamatan thd tanda vital, klinis lokal dan sistemik nya. Sementara, yg paling tepat itu seharusnya pengambilan spesimen utk kultur td dilakukan sebelum antibiotik diberikan agar didapatkan hasil yg valid. 
Semoga bermanfaat! 
29 Maret 2019, 17:53

Terimakasih banyak dok atas asupannya, sy khawatir saja jika pertumbuhan/pembiakan bakteri melalui kultur ybs tidak signifikan akibat antibiotik.

Mungkin idealnya kultur sebelum terapi antibiotik ya dok? Namun, kadang terhambat fasilitas di fktp, jadi bakteri kultur saat sdh komplikasi ternyata berbeda. Sy curiga klinis mengarah anemia e.c parasit dok, jadi perlu dibuktikan apabila memang negatif kultur.

29 Maret 2019, 18:12
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Pendekatan secara klinis akan membantu kita dalam memilih pemeriksaan mana yg dibutuhkan, apakah kultur bakteri, jamur atau lainnya. Dan pemberian terapi empirik tetap dibenarkan dalam setting faskes yg terbatas, dan justru keilmuan dan pengalaman klinis yg paling dibutuhkan dalam pemilihan terapi antibiotik empirik ini
29 Maret 2019, 19:17

Setuju Dok, Terimakasih banyak atas diskusi dan ilmunya...

01 April 2019, 15:06
Alodokter,

Pasien wanita muda dg anemia masih mungkin sebuah Anemia def besi, apalagi dengan badan kurus. namum bisa didd dengan suatu keganasan hematologi jika ada hipertrofi ginggiva, nyeri tulang, organomegali dan limfadenopati. ATAU bisa juga sebuah autoimun disease jika ada skor ARA bisa diskoring ke arah SLE. ATAU suatu proses spesifik. 

Untuk kultur diwajibkan jika ada infeksi. Kultur darah misalnya pada infeksi kateter related bakteremia , sepsis, dan infeksi darah primer, dan prolonged fever, atau endokarditis. Kultur urine pada ISK komplikata, Kultur dasar luka pafa ulkus grade 3 ke atas. 

Untuk pemakaian antibiotik akan menyebabkan perubahan  hasil kultur dan sensitivitas. Oleh karena itu di lembar kultur akan disertakan AB apa yang sudah dipakai dan device apa saja yang terpasang pada pasien. Mohon asupan semuanya
01 April 2019, 19:17

Terimakasih dokter. Berarti kultur masih bisa digunakan pd pasien yg sedang konsumsi antibiotik ya dok, tidak perlu di stop kecuali terbukti negatif kultur AB tertentu.