Kriteria Konjungtivitis Berdasarkan Sekret Mata - Mata Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Syauqie, Sp. M, saya ingin bertanya apakah pasien dengan sekret mata berlebih selalu mengarah pada konjungtivitis bakterial? Apakah untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kriteria Konjungtivitis Berdasarkan Sekret Mata - Mata Ask The Expert

    19 Agustus 2022, 14:42
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Syauqie, Sp. M, saya ingin bertanya apakah pasien dengan sekret mata berlebih selalu mengarah pada konjungtivitis bakterial? Apakah untuk membedakannya dengan konjungtivitis viral dapat hanya dengan melihat warna sekretnya saja Dok? Misal, sekret yang bening apakah sudah pasti konjungtivitis viral?

19 Agustus 2022, 14:54
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
Dokter Spesialis Mata

AloDok,

Terima kasih atas pertanyaannya,

Pada konjungtivitis bakterial umumnya sekret berwarna mukopurulen (warna putih kekuningan hingga kehijauan) sedangkan pada konjungtivitis viral umumnya sekret bersifat watery (mata berair karena hiperlakrimasi). Selain itu pada konjungtivitis bakterial, konjungtiva lebih kemosis (edema) sedangkan pada konjungtivitis viral, konjungtiva hanya hiperemis.

Yang perlu diperhatikan pada pelayanan primer, jangan sembarangan memberikan tetes mata steroid baik konjungtivitis bakterial ataupun viral karena jika ada keterlibatan kornea (keratokonjungtivitis) tidak boleh diberikan tetes mata steroid. Untuk amannya cukup diberikan tetes mata antibiotik saja dengan artificial tears.

Semoga dapat menjawab pertanyaannya ya.