Kontrasepsi terhadap menstruasi dan kesuburan. - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sebetulnya jika dari penelitian terbaru berdasarkan sistematikal review dan metaanalisis data, apakah kontrasepsi seperti pil, kb suntik baik 1 bulan dan 3...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kontrasepsi terhadap menstruasi dan kesuburan.

    03 Desember 2019, 09:24

    Sebetulnya jika dari penelitian terbaru berdasarkan sistematikal review dan metaanalisis data, apakah kontrasepsi seperti pil, kb suntik baik 1 bulan dan 3 bulan mengganggu siklus menstruasi(menimbulkan flek coklat, gangguan haid) dan kesuburan, atau justru tidak berpengaruh, karena ada yang haidnya justru teratur sejak minum pil kb namun justru ada yang jadi terhambat haidnya. Semoga TS dokter spesialis kebidanan dan kandungan dapat membantu.

03 Desember 2019, 10:37

Alo dr. Yoshua! 

Kontrasepsi dapat mempunyai 2 efek pada siklus menstruasi, yaitu berlanjutnya siklus menstruasi normal atau terganggunya siklus menstruasi secara parsial atau total.

Kontrasepsi oral yang biasa dipakai (21-28 hari) akan menekan siklus menstruasi normal secara komplit dan menggantikan siklus artificial yang disebabkan oleh withdrawal hormon pada hari ke-21. Ini akan menyebabkan siklus menstruasi dapat berjalan seperti biasa.

Siklus menstruasi dapat terganggu secara parsial atau total akibat kontrasepsi oral yang hanya berisi progestin, implan subdermal, steroid injeksi seperti depot medroxyprogesterone acetate (DMPA), dan IUD dengan levonorgestrel releasing, yang mengandung progestin yang cukup ampuh untuk menghambat ovulasi pada beberapa wanita. 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8178900

03 Desember 2019, 10:49
Terimakasih dok, berarti pil kombinasi yang tidak mengganggu siklus haid ya
03 Desember 2019, 10:50
Berarti Ibu sehabis melahirkan kemungkinan terganggu siklus menstruasinya ya, karena Ibu menyusui tidak boleh minum pil kombinasi