Apakah metode amennorhea laktasi saja efektif sebagai kontrasepsi postpartum? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Izin tanya, kalau kontrasepsi post partum dari dulu yg saya tau kan pake MAL yah sekalian asi eksklusif 6 bulan, apa sekarang masih tetap MAL saja...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah metode amennorhea laktasi saja efektif sebagai kontrasepsi postpartum?

    13 Februari 2019, 23:00

    Alodokter, 

    Izin tanya, kalau kontrasepsi post partum dari dulu yg saya tau kan pake MAL yah sekalian asi eksklusif 6 bulan, apa sekarang masih tetap MAL saja cukup? Soalnya denger banyak program post partum, di pasang implan atau IUD

    Mohon pencerahannya 🙏

14 Februari 2019, 02:23
Salam alodokter!

Setahu saya MAL masih digunakan asal memenuhi semua syaratnya termasuk helum haid dan menyusui secara eksklusif.

Namun memang ada pilihan langsung pasang IUD setelah melahirkan dan relatif lebih mudah karena rahim masih dilatasi terutama bila pasien ingin KB jangka panjang non hormonal, tergantung preferensi pasien. Jelaskan saja opsi2 yang ada dok, termasuk juga KB pil dan suntik progestin yang seharusnya tidak mempengaruhi menyusui.
14 Februari 2019, 14:13
Okey makasih dok 🙏
14 Februari 2019, 06:45
Alodokter.
Jika ibu sudah mendapat haid setelah melahirkan  meskipun masih menyusui maka disarankan untuk memakai KB ya dok.
Efektivitasnya dibandingkan iud dan kb lain lebih kecil. Jadi supaya aman dan menghindari miss ibu tidak memakai kb maka pemasangan kb pospartum lebih disarankan.
14 Februari 2019, 14:13
Okey makasih dok 🙏
14 Februari 2019, 16:00
dr. Taufik Rahman SpOG
dr. Taufik Rahman SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodokter..
Penggunaan alat kontrasepsi pasca salin banyak ragamnya.
Yang pertama adalah dengan metode amenorea laktasi. Metode ini bisa digunakan jika Ibu menyusui secara eksklusif dan belum mengalami menstruasi setelah melahirkan. Metode amenore laktasi bukan hanya bisa digunakan untuk 6 bulan melainkan bisa sampai dengan 2 tahun.
Kontrasepsi pasca salin berikutnya yang banyak digunakan adalah IUD. AKDR atau IUD adalah alat kontrasepsi yang aman dan bisa dipakai langsung setelah plasenta lahir yaitu dengan metode KB pasca salin.
Dipilihnya AKDR atau IUD karena na dengan teknik pemasangan yang tepat maka komplikasinya relatif lebih kecil. Begitupun dengan masa pulih suburnya yang relatif cepat begitu AKDR atau IUD tersebut dilepas.
Maraknya penggunaan AKDR atau IUD pasca salin dikarenakan saat ini ini jarang atau tidak lagi banyak wanita yang bisa menyusui secara eksklusif sehingga kemungkinan metode amenorea laktasi untuk gagal lebih besar.
15 Februari 2019, 15:20
Makasih banyak dok pencerahannya 🙏
15 Februari 2019, 18:11
setuju, izin menambahkan AKDR / IUD lebih disarankan karena metode KB hormonal dapat mempengaruhi produksi ASI
15 Februari 2019, 22:56
ikut menyimak Dok, thank you
15 Februari 2019, 22:56
ikut menyimak Dok, thank you
15 Februari 2019, 18:24
Utk kontrol letak IUD yg disarankan jarak ny stiap brp lama dok?

Apakah jika tdk prnah kontrol pasti gagal dan mnjadi hamil?
16 Februari 2019, 07:48
Alo dokter membantu menjawab ya.

Kalau baru pasang sekitar 2-4 minggu perlu kontrol dok. Kalau dipasangnya stelah lahiran diharapkan ukuran rahim sudah mulai kembali ke ukuran normalnya pada saat ini

Untuk rutinnya kontrol disarankan 6 bulan sekali.
Namun saya juga sering menemukan pasien di klinik disarankan oleh spOG kontrol 1th sekali.

Tentunya kalau sering kontrol lebih mudah dievaluasi apakah posisi iudnya baik tidak. sehingga mencegah terjadinya perubahan posisi iud yg menurunkan efektivitas KB nya mengingat kb ini untuk jangka panjang juga.
16 Februari 2019, 13:02
Cukup efektif Dok,  selama menyusuinya rutin dan rajin,  saat pagi ke malam usahakan disusui setiap 2 jam sekali minimal 15 menit,  saat malam usahakan setiap 4 jam sekali,  namun jika sudah menstruasi kembali,  sebaiknya pertimbangkan metode kontrasepsi lainnya.