Penanganan yang tepat untuk kondisi konjungtivitis pada bayi usia 7 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin bertanya obat tetes mata konjungtivitis bakteri yang aman untuk bayi 7 bln apa ya? Gejala khas bakteri terdapat belekan banyak

Diskusi Dokter

15 Februari 2021, 10:36
Alo dok,
Boleh tau riwayatnya seperti apa? Sudah berapa lama mata spt itu ( belekan)?
Apakah ada mata merah?
Apakah mengenai kedua mata atau satu mata?
Apakah ada gejala lain? (Batuk, pilek)
Apakah ada riw kontak dengan yang sakit mata
Apakah ada alergi?
15 Februari 2021, 19:21
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Sudah +/- 3 harian, tidak terlihat mata merah, kedua mata, tidak ada batuk pilek, tidak ada riwayat kontak dengan sakit mata, tidak ada alergi, yang dikeluhkan banyaknya belekan di sesuai mata terutama  bangun tidur , apa itu sudah cukup menarik diagnosis konjungtivitis ? Dan salep/obat tetes yg tepat yg digunakan apa ya dok?
15 Februari 2021, 20:55
Alo dok,
Dari deskripsi di atas, tampaknya pasien memang mengalami konjungtivitis bakteri. Pada anak di bawah usia 5 tahun, memang sering kali tanda konjungtivitis bakteri berupa belekan yg banyak mengenai kedua mata.Konjungtivitis pada anak pada dasarnya merupakan self limiting disease., biasanya berlangsung 7-10 hari. Namun ada bbrp hal yang perlu diperhatikan.
Tatalaksana yang dapat diberikan kepada ibu/keluarga pasien adalah:
- bersihkan belek setiap bangun tidur dan setiap muncul belek kapanpun, menggunakan kain bersih yg lembut (hati2 bila ujung runcing)/cotton bud yg sudah dibasahi oleh air bersih.
- antibiotik salep mata mengandung polymyxin B dapat diberikan, JIKA, pasien sdh diperiksa matanya oleh dokter, namun jika hanya konsultasi by phone, tidak disarankan memberikan antibiotik salep. Untuk lbh amannya, sarankan penggunaan artificial tears tetes 4-6x sehari. Bila hari ke-7 tidak ada perbaikan, saran utk pergi ke dokter.
-mohon diperhatikan bahwa konjungtivitis pada anak dapat jg disertai dengan gejala infeksi sal napas dan infeksi telinga (jangan lupa utk dicek dan ditanyakan)
- cuci tangan sebelum dan sesudah memegang mata, sebelum dan sesudah membersihkan mata, sebelum dan sesudah memberikan obat tetes.
-hindari mengucek2 mata