Apakah benar ketokonazol berinteraksi dengan kontrasepsi oral? - Diskusi Dokter

general_alomedika

mohon konsul TS ,pada beberapa literatur mengatakan bahwa Pil KB hormonal keefektifannya dapat menurun akibat ketokonazol oral, pertanyaan nya apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah benar ketokonazol berinteraksi dengan kontrasepsi oral?

    24 September 2018, 19:41

    mohon konsul TS ,pada beberapa literatur mengatakan bahwa Pil KB hormonal keefektifannya dapat menurun akibat ketokonazol oral, pertanyaan nya apakah penurunan ini signifikan dengan dosis klinis yang biasa diberikan?

    Pada pengguna Pil KB hormonal edukasi apa yg bs kita berikan?apakah perlu tambahan KB non hormonal seperti kondom untuk lebih mencegah terjadi kehamilan?

24 September 2018, 21:51
Alo dokter Radian!
Di beberapa sumber yang saya baca hanya disebutkan "mungkin" dapat menurunkan efektifitas dari kontrasepsi oral.
Penelitian mengenai interaksi keduanya berasal dari tahun 1990an, dimana unintended pregnancy dilaporkan pada penggunaan kedua obat ini secara bersamaan.
25 September 2018, 08:58

dr.Bedry Qintha
Sep 24, 2018 at 21:51 PM

Alo dokter Radian!
Di beberapa sumber yang saya baca hanya disebutkan "mungkin" dapat menurunkan efektifitas dari kontrasepsi oral.
Penelitian mengenai interaksi keduanya berasal dari tahun 1990an, dimana unintended pregnancy dilaporkan pada penggunaan kedua obat ini secara bersamaan.

baik dokter terimakasih banyak

25 September 2018, 10:18
Willy
Willy
Dokter Umum

Hai dr Radian,

Ketoconazol merupakan strong CYP3A inhbitor , yang merupakan enzim utama untuk dalam metabolisme etinil estradiol atau progestin yang ada dalam pil KB kombinasi.

Perubahan konsentrasi dari estrogen dan progesteron akibat interaksi dengan obat lain dapat mengurangi efektivitas pil KB (termasuk unintended pregnancy) atau risiko untuk meningkatnya efek samping (seperti DVT).

Pada salah satu penelitian ketoconazol dikatakan meningkatkan konsentrasi dari etinil estradiol  hingga 40% dan drospirenon (progestin) dalam plasma hingga lebih 2 kali lipat.

Peningkatan yang tidak sampai 2 kali lipat terhadap estradiol ini dianggap tidak memberikan impact dok dan penelitian progestin masih in vitro. Jadi mungkin pendapat saya memang butuh penelitian lebih lanjut terhadap efek ketoconazol terhadap metabolisme progestin (khususnya drospirenon). 

Dan kalau ditanya perlu ditambah KB lain atau tidak ketika menggunakan ketoconazol agak bingung juga dok. Cuma karena dalam salah satu penelitian ketoconazol merubah konsentrasi drospirenon hingga 170%, saya mungkin menyarankan penggunaan kondom untuk mencegah kehamilan, bila sedang konsumsi pil KB yang mengandung drospirenone. Hal ini karena risiko penggunaan kondom termasuk ringan (misalnya alergi terhadap bahan kondom), dibanding dengan unintended pregnancy.

 

Source: https://ascpt.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/cts.12499

 

CMIIW, semoga membantu ya dok, atau ada teman sejawat lain yang memiliki pendapat lain. Terima kasih. 

 

25 September 2018, 12:57
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Sedikit menambahkan walau agak keluar topik. Penggunaan ketoconazole oral memang tidak disarankan karena risiko efek samping dan potensi interaksi obatnya.. Perlu diingat bahwa prinsip penggunaan ketoconazole oral adalah hindari penggunaan kecuali jika tidak tersedia antifungal oral lainnya atau terdapat kegagalan terapi dengan antifungal lain.

25 September 2018, 16:15
Baik dokter terimakasih banyak penjelasan nya sangat membantu